Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Resmi KSN SMA/MA Tahun 2021

Pedoman Resmi KSN SMA/MA Tahun 2021

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA , SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/kompetisi baik nasional maupun internasional. KSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Pedoman Resmi KSN SMA/MA Tahun 2021


Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik. Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas- luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.


Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. 


Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi. 


Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada tahun 2021 akan dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional. KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter. 


Adapun bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2021 meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mekanisme seleksi penyelenggaraan KSN dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/ kota, provinsi, nasional, dan internasional. 


Tujuan Umum Penyelenggaraan KSN adalah :

  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan. 
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.


Tujuan Khusus Penyelenggaraan KSN adalah :

  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. 
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional. 
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.


Tahapan Penyelenggaraan KSN:

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S). 
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K); 
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P). 
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN).


Hasil yang diharapkan dalam penyelenggaraan KSN tahun 2021 adalah:

  1. Terselenggaranya seleksi peserta KSN bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/ kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. 
  2. Terpilihnya calon peserta Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (KSN-K) untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi (KSN-P), terseleksinya pemenang KSN-P untuk diikutsertakan ke tingkat nasional (KSN). 
  3. Terpilihnya peserta didik terbaik dari KSN yang akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional. 
  4. Terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang sains.

Hasil KSN tahun 2021 akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2021. Tempat pelaksanaan kompetisi sains tingkat internasional tahun 2021 adalah:

  1. International Mathematical Olympiad (IMO): St. Petersburg, Rusia / Online. 
  2. International Physics Olympiad (IPhO): Vilnius, Lithuania / Online. 
  3. International Chemistry Olympiad (IChO): Osaka, Jepang / Online. 
  4. International Olympiad in Informatics (IOI): Singapura / Online. 
  5. International Biology Olympiad (IBO): Lisbon, Portugal / Online.
  6. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA): Bogota, Colombia / Online. 
  7. International Earth Science Olympiad (IESO): China / Online 
  8. International Geography Olympiad (IGeO): Istanbul, Turki / Online. 
  9. International Economics Olympiad (IEO): Latvia / Online.


File sementara dapat di pelajari terlebih dahulu pada review file berikut:

 

Sedangkan secara lengkapnya tentang  Pedoman Resmi KSN SMA/MA Tahun 2021 unduh Di sini


Demikian ulasan singkat materi  Pedoman Resmi KSN SMA/MA Tahun 2021 semoga bermanfaat.


Materi terkait lainnya:

Mohon maaf apabila materi ini kurang bermanfaat, dan apabila ternyata bermanfaat silakan bagikan langsung dengan menggunakan menu media sosial yang telah kami sediakan di bawah ini.

Post a Comment for " Pedoman Resmi KSN SMA/MA Tahun 2021"