JUKNIS KSN SMP TAHUN 2021

Juknis KSN SMP Tahun 2021

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Dewasa ini, banyak sekali siswa-siswi bertalenta dan berkarakter yang berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkomitmen untuk terus membuka peluang bagi generasi muda Indonesia berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini untuk mewujudkan pemerataan akses pendidikan ke seluruh pelosok tanah air.

Juknis KSN SMP Tahun 2021

Perkembangan zaman membuat talenta peserta didik meningkat kian pesat. Melalui penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional, para peserta diharapkan mampu menjadikan kompetisi ini sebagai daya dorong yang membentuk karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.


Kali ini Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP dilaksanakan dengan menggunakan sebuah media teknologi yaitu teknologi smartphone atau perangkat komputer, hal ini merupakan sebuah terobosan untuk peserta didik di Indonesia agar lebih bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan mencari informasi- informasi yang positif. Karena penggunaan teknologi yang positif akan meningkatkan kualitas sumber daya bangsa dan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945.


Pada kesempatan ini saya berharap, atmosfer kompetisi yang sehat serta bertumbuh dalam budaya yang silih asih dan asuh dapat berlanjut di sekolah, dan didukung oleh seluruh pemangku kepentingan. Tidak hanya sampai kompetisi ini berakhir, melainkan saya ingin, semua pihak berkontribusi dalam menyiapkan peserta didik yang turut andil dalam memajukan Indonesia yang lebih baik di masa depan.


Tujuan umum KSN SMP tahun 2021


Tujuan umum KSN SMP tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai- nilai sportivitas.


Tujuan khusus KSN SMP Tahun 2021


Tujuan khusus KSN SMP Tahun 2021 adalah sebagai berikut: 

a. menyediakan wadah bagi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 

b. memotivasi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; 

c. mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari; 

d. memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan/atau yang sederajat; 

e. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; 

f. memotivasi pemangku kepentingan untuk menanamkan nilai spiritual, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.


Dalam hal pelaksanaan lomba KSN tingkat SMP pada tahun 2021 ini adalah dikarenakan masih adanya penyebaran virus Covid-19, maka diperlukan perlindungan kesehatan secara individu, serta masyarakat yang mencakup:


1. Perlindungan Kesehatan Individu 


Setiap orang harus berusaha untuk tidak tertular dan tidak menularkan virus Covid-19 dengan mencegah masuk/keluarnya droplet melalui mulut, hidung, dan mata. Cara-cara yang harus dilakukan antara lain: 


a. membersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol /hand sanitizer. Selalu menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih (terkontaminasi droplet virus); 


b. menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplet dari orang yang bicara, batuk, atau bersin serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Jika tidak memungkinkan melakukan jaga jarak maka dapat dilakukan dengan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya; 


c. menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut, hingga dagu, jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya (yang mungkin dapat menularkan COVID-19). Apabila menggunakan masker kain, sebaiknya gunakan masker kain 3 lapis;


d. meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti mengkonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup serta menghindari faktor risiko penyakit.


2. Perlindungan Kesehatan Masyarakat 


Perlindungan kesehatan masyarakat menjadi tugas dan tanggung jawab para pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum. 


a. Unsur Pencegahan (Prevention)


1) melakukan promosi, sosialisasi, dan edukasi kesehatan dengan berbagai media. 

2) melakukan perlindungan (protection): a) melakukan disinfeksi terhadap semua permukaan tempat/ ruangan dan semua peralatan secara berkala; b) pengaturan jaga jarak; c) penyediaan sarana cuci tangan yang mudah diakses dan memenuhi standar atau penyediaan hand sanitizer; d) skrining/penapisan kesehatan orang-orang yang akan masuk/berada di tempat.


b. Unsur Penemuan Kasus (Detection) 


1) untuk fasilitasi dalam deteksi dini, berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat atau fasilitas pelayanan kesehatan; 

2) melakukan pemantauan kondisi kesehatan (gejala batuk, pilek, flu, nyeri tenggorokan, sesak nafas, atau demam) terhadap semua orang yang ada di tempat dan fasilitas umum. 


c. Unsur Penanganan secara Cepat dan Efektif (Responding) Penanganan untuk mencegah terjadinya penyebaran yang lebih luas, antara lain berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat atau fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan pelacakan kontak erat, pemeriksaan rapid test atau RT-PCR, serta penanganan lain sesuai kebutuhan.

Download Juga: Juknis Lomba FLS2N SD-SMP Tahun 2021

Sebelum file didownload silakan dipelajari terlebih dahulu pada file review berikut:

 


Demikian ulasan singkat materi Juknis KSN SMP Tahun 2021 semoga bermanfaat, dan mohon maaf apabila masih terdapat berbagai kekurangan.

Post a Comment for "JUKNIS KSN SMP TAHUN 2021"