Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis KSN Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring 2021

Juknis  KSN Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring 2021

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Juknis  KSN Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring 2021

Berdasarkan pada hal di atas, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi secara konsisten menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi peserta didik Sekolah Dasar dan/atau yang sederajat tahun 2021. Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN SD) Tahun 2021 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Sebagaimana tahun 2020 lalu, pada tahun ini karena kondisi pendemik masih belum mereda, dengan mengacu pada protokol kesehatan pelaksanaan lomba-lomba dilakukan secara daring/online di bawah pengawasan dari dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi.

Panduan teknis pelaksanaan ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara untuk mempersiapkan dan mengikuti KSN SD tahun ini dengan sebaik- baiknya. Semoga Panduan Teknis Pelaksanaan ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan KSN SD tahun ini sehingga anak-anak Indonesia tetap dapat menunjukkan prestasi di bidang sains dan terus berlatih untuk menjadi generasi unggul bangsa.

Tujuan umum KSN SD tahun 2021

Tujuan umum KSN SD tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus KSN SD tahun 2021

a. menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 

b. memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;

c. untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;

d. memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat; 

e. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; 

f. memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.


Ruang Lingkup KSN SD tahun 2021 ini meliputi: 

  1. Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SD sebagai pedoman pelaksanaan KSN SD 2021 dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab sesuai protokol kesehatan Covid-19. 
  2. Panitia pelaksanaan KSN SD tahun 2021 adalah Pusat Prestasi Nasional bekerjasama dengan Akademisi dan Praktisi bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 
  3. Jangkauan wilayah pelaksanaan KSN SD 2021 adalah seluruh peserta didik dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia.
  4. Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 adalah kompetisi oleh peserta yang dilaksanakan dari sekolah atau dari rumah masing-masing dengan mekanisme dalam jaringan (daring/online). 
  5. Pengawasan kompetisi dilakukan oleh orang tua, pendamping, panitia pusat, dan bantuan teknologi. 
  6. Penjurian dilakukan oleh tim juri yang ditetapkan oleh Puspresnas. 
  7. Hasil penilaian dari juri selanjutnya ditetapkan dan diumumkan oleh Puspresnas.

Pengertian dan Batasan Umum KSN SD tahun 2021 adalah:

  1. KSN SD adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Puspernas, bersifat kompetisi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam antar Peserta Didik SD/MI atau yang sederajat. 
  2. Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional.
  3. Tahap Penyisihan adalah tahap kegiatan kompetisi awal yang dapat diikuti secara terbuka bagi seluruh peserta didik jenjang sekolah dasar yang akan berkompetisi untuk mewakili provinsinya mengikuti tingkat nasional KSN SD 2021 
  4. Tingkat Nasional adalah tahap kegiatan kompetisi akhir yang diikuti peserta didik mewakili provinsinya hasil dari kompetisi tahap penyisihan yang akan berkompetisi untuk memperebutkan juara KSN SD tahun 2021
  5. Kompetisi secara daring/online ialah kompetisi yang menggunakan sarana jaringan internet sebagai media dan dilaksanakan secara real time. 
  6. Protokol kesehatan Covid-19 adalah suatu prosedur atau tata cara yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka menyikapi pandemi Covid-19 agar terhindar dari penularan virus Covid-19 dari satu orang ke orang lain.

Biaya pelaksanaan KSN SD tahun 2021 dibebankan pada Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021.

Pelajari review file yang berikut ini terlebih dahulu:

 

Download: Juknis  KSN Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring 2021

Demikian penjelasan singkat materi Juknis  KSN Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring 2021 mohon maaf atas segala kekurangan dan semoga bermanfaat.


Materi terkait lainnya:

Juknis FLS2N SD-SMP Tahun 2021 Secara Daring

Juknis KSN SMP Tahun 2021

Surat Keterangan Dari Sekolah Dan Peserta Lomba FLS2N 2021

Surat Keterangan Dari Sekolah Dan Peserta Lomba KSN SMP 2021


Apabila materi yang kami bagikan ini bermanfaat bagi anda silakan bagikan kepada rekan kita yang membutuhkan dengan berbagai media sosial yang telah kami persiapkan di situs ini.

 


Post a Comment for "Juknis KSN Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring 2021"