Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Modul Ajar KK Merdeka SMA Kelas 10 Lengkap

Materi Modul Ajar KK Merdeka SMA Lengkap

Kurikulum Merdeka adalah dikandung makna Merdeka Belajar yang berkonsep agar siswa bisa memperdalam lebih leluasa mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing. Misalnya, jika dua anak dalam satu keluarga memiliki minat yang berbeda, maka tolak ukur yang dipakai untuk menilai tidak sama.

Materi Modul Ajar KK Merdeka SMA Lengkap

Kemudian anak juga tidak bisa dipaksakan mempelajari suatu hal yang tidak disukai. Dan akhirnya Kurikulum Prototipe akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah.

Di dalam Kurikulum Merdeka, modul ajar  merupakan salah satu instrumen penting pada proses dan mencapai tujuan pembelajaran. Itu itu modul ajar perlu dikembangkan dengan mengacu capaian pembelajaran untuk mencapai sasaran utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka yakni profil pelajar Pancasila.

Sehingga penyusunan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka harus dilakukan dengan menyesuaikan tahapan perkembangan siswa serta mempertimbangan tujuan pembelajaran untuk perkembangan pendidikan dalam jangka panjang.

Modul ajar sendiri adalah sarana maupun pedoman yang dirancang secara khusus dan sistematis untuk menunjang aktivitas proses pembelajaran sehingga terasa menarik dan menyenangkan buat peserta didik.

Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dalam pengembangan modul ajar yang ada di Kurikulum Merdeka, guru diberikan keleluasaan untuk mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan dan karakter konteks lingkungan sekolah masing-masing.

Tujuan Penyusunan Modul Ajar

Tujuan Modul Ajar adalah Menyusun dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema tertentu. 

Seorang pendidik memiliki kemerdekaan untuk membuat modul ajar sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya. Pemerintah menyediakan beragam contoh modul projek dari berbagai fase dan tema yang berbeda untuk membantu pendidik yang membutuhkan referensi atau inspirasi dalam pengelolaan projek.

Modul ajar kurikulum merdeka merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Satuan pendidikan membuat keputusan berdasarkan angket penyusunan kurikulum mandiri. Survei ini mengukur kemauan guru, tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum. Pilihan yang paling tepat adalah terkait dengan persiapan satuan pendidikan. Menerapkan kurikulum mandiri akan lebih efektif jika memenuhi kebutuhan dengan lebih baik.

Modul ajar kurikulum merdeka merupakan perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan guru dalam proses pembelajaran. Modul Ajar merupakan implementasi dari ATP yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai Sasaran. 

Modul Ajar disusun sesuai dengan fase/tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran dan berbasis pada perkembangan jangka Panjang. Penulisan modul ajar bertujuan untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam Modul ajar kurikulum merdeka ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya.

Modul ajar merupakan sebuah dokumen yang berisi tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran serta asesmen (penilaian) yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Sehingga pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya.

Dalam hal ini pemerintah telah menyediakan beberapa contoh modul ajar yang dapat dipergunakan/dijadikan inspirasi untuk satuan pendidik di satuan pendidikan dan dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didiknya. Satuan pendidikan dalam hal ini pendidik dan peserta didik dapat menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah dan tidak perlu lagi menyusun perencanaan pembelajaran lagi.

Download Juga: Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah SD Tahun 2022

Komponen yang terdapat pada modul ajar Kurikulum Merdeka disusun secara ringkas yang terdiri atas:


Informasi Umum tentang Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Informasi umum dalam modul ajar berisi identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target siswa dan model pembelajaran yang akan digunakan. Penjabarannya meliputi:

  • Alokasi waktu yang digunakan mengacu pada jam pelajaran yang berlaku.
  • Kompetensi awal berupa pengetahuan yang dimiliki siswa sebelum mempelajari tiap topik.
  • Profil pelajar Pancasila terkait dengan pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Sarana dan prasarana terkait dengan fasilitas yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran mulai dari alat pembelajaran hingga sumber bahan pelajaran yang relevan.
  • Target peserta didik diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitan tiap siswa dalam memahami materi pelajaran.
  • Model pembelajaran adalah kerangka belajar yang menjadi gambaran pelaksanaan pembelajaran baik melalui tatap muka, daring maupun luar jaringan (Daring, Luring).

Komponen Inti

Berisi tujuan pembelajaran, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajaran, asesmen serta pengayaan. Penjabarannya sebagai berikut:

  • Tujuan pembelajaran harus mengacu pada hal yang utama dari pelaksanaan pembelajaran yang menjadi faktor penentu kegiatan pembelajaran serta sumber daya yang digunakan.
  • Pertanyaan pemantik dibuat langsung oleh guru untuk membangun rasa keingintahuan siswa dan mengolah daya pikir kritisnya.
  • Kegiatan pembelajaran berisi langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan belajar tiap siswa.
  • Asesmen dilakukan untuk mengukur hasil dari pencapaian dalam pelaksanaan proses pembelajaran di akhir kegiatan pembelajaran. Meski demikian, kriteria pencapaiannya harus berdasarkan dengan tujuan pembelajaran.

Lampiran-Lampiran

Lampiran berisi lembar kerja siswa, bahan bacaan sebagai referensi guru dan siswa, glosarium dan daftar pustaka yang ada pada modul ajar yang disusun oleh guru.


Secara lengkap dapat dipelajari pada file berikut ini:

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Antropologi SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Bahasa Inggris SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Geografi SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Informatika SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel IPA Fisika SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Matematika SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel PA Hindu dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel PJOK SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel PPKn SMA Tahap 1 Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel PPKn SMA Tahap 2 Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Sejarah SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Seni Musik SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Seni Rupa SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Seni Tari SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Seni Teather SMA Kelas 10 Link Download

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mapel Sosiologi SMA Kelas 10 Link Download


Demikian ulasan singkat materi Materi Modul Ajar KK Merdeka SMA Lengkap semoga membawa manfaat, serta kami sangat berterima kasih atas waktu yang digunakan oleh pengunjung untuk berbagi ilmu, dan saya berharap kritikan, saran, serta masukan demi kemajuan saya pribadi untuk mengembangkan ilmu yang bermanfaat di media ini.


Materi Terkait lainnya:

Buku Teks Untuk Guru Jenjang PAUD Download

Buku Teks Untuk Guru SD Kelas 1 Download

Buku Teks Untuk Siswa SD Kelas 1 Download

Buku Teks Untuk Guru SD Kelas 4 Download

Buku Teks Untuk Siswa SD Kelas 4 Download

Buku Teks Untuk Guru SMP Kelas 7 Download

Buku Teks Untuk Siswa SMP Kelas 7 Download

Buku Teks Untuk Guru SMA Kelas 10 Download

Buku Teks Untuk Siswa SMA Kelas 10 Download

Modul Ajar KK Merdeka Jenjang PAUD Download

Modul Ajar KK Merdeka Jenjang SD Download

Modul Ajar KK Merdeka Jenjang SMP Download

Sebelum anda meninggalkan situs ini dengan hormat dapat membagikan/share melalui media sosial yang tercantum di bawah.

Post a Comment for "Materi Modul Ajar KK Merdeka SMA Kelas 10 Lengkap"

close