Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Pedoman O2SN Jenjang SD-MI Tahun 2024

Pedoman O2SN Jenjang SD-MI Tahun 2024

Kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta di atas rata-rata. Dalam mengikuti ajang talenta, mereka akan mendapatkan tantangan terutama dalam menghasilkan suatu karya dan menjadi yang terbaik. Kegiatan ajang talenta merupakan bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan, dan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju profil pelajar Pancasila.

Buku Pedoman O2SN Jenjang SD-MI Tahun 2024
Buku Pedoman O2SN Jenjang SD-MI Tahun 2024

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan ajang talenta setiap tahun di berbagai bidang. Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), BPTI/Puspresnas melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit-bibit talenta unggul di bidang-bidang Riset dan Inovasi; Seni dan Budaya; serta Olahraga.

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada minat dan bakat. Pemerintah mulai memberikan perhatian yang lebih serius terhadap anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang ketalentaan. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD/MI/Sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang Olahraga yang diselenggarakan untuk peserta didik SD/MI/Sedarajat. Ajang O2SN- SD diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Pedoman ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang O2SN-SD kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

Tujuan pelaksanaan O2SN-SD Tahun 2024 yakni sebagai berikut : 

  1. Mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga. 
  2. Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah. 
  3. Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab. 
  4. Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga. 
  5. Menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air. 
  6. Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah di seluruh Indonesia.

Sasaran pelaksanaan O2SN-SD tahun 2024 adalah peserta didik di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau yang sederajat dari seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta.

Mekanisme Seleksi O2SN-SD tahun 2024 diselenggarakan secara berjenjang, yakni:

1. Tingkat Sekolah

2. Tingkat Kecamatan

3. Tingkat Kabupaten/Kota

4. Tingkat Provinsi

5. Tingkat Nasional

Penghargaan diberikan kepada peserta didik yang berhasil mencapai prestasi terbaik pada tingkatan masing-masing, mulai dari satuan pendidikan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Penghargaan pada tingkat nasional diberikan oleh BPTI dalam bentuk sertifikat, medali, dan uang pembinaan. Penghargaan pada tingkat satuan pendidikan dan daerah menjadi ranah kebijakan satuan pendidikan dan daerah.

Penghargaan pada tingkat nasional dengan rincian sebagai berikut :

1. Juara Nomor Cabang Olahraga

Peserta yang mendapat juara dari nomor cabang: Kids’ Athletics, Senam, Renang, Bulu Tangkis, Pencak Silat, dan Karate akan memperoleh penghargaan berupa:

a. Juara I : medali emas, piagam penghargaan, dan uang pembinaan

b. Juara II : medali perak, piagam penghargaan, dan uang pembinaan

c. Juara III : medali perunggu, piagam penghargaan, dan uang pembinaan

2. Juara Fair Play

Peserta setiap cabang olahraga akan mendapatkan penilaian fair play dan penghargaan berupa piala fair play. Penilaian terhadap peserta tersebut dengan mempertimbangkan pula penilaian terhadap perilaku pendamping, ketua kontingen, ofisial, dan suporter pada setiap cabang olahraga oleh Tim Penilai FairPlay.

3. Juara Umum

Penetapan juara umum ditentukan berdasarkan perolehan medali emas, perak, perunggu terbanyak. Untuk juara umum akan memperoleh piala bergilir dan piagam juara umum.

Selengkapnya tentang dokumen penjelasan di atas dapat didownload pada tautan klik DISINI 

Demikian ulasan materi Buku Pedoman O2SN Jenjang SD-MI Tahun 2024 semoga membawa prestasi peserta didik di satuan pendidikan anda semuanya. Mohon maat atas berbagai kekurangan dan saya ucapkan terima kasih atas kungjungannya, semoga kita senantiasa diberikan berbagai kemudahan, utamanya kesehatan lahir dan batin.

Post a Comment for "Buku Pedoman O2SN Jenjang SD-MI Tahun 2024"