Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4

Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4

Buku Kurikulum Merdeka adalah buku yang disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran dengan mengusung semangat merdeka belajar.

Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4
Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4

Buku-buku yang dikembangkan dan diterbitkan oleh unit-unit kerja di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk kebutuhan siswa, guru, atau masyarakat Indonesia.

Pelaku perbukuan terdiri atas Penulis, Penerjemah, Penyadur, Editor, Desainer, Ilustrator, Pencetak, Pengembang Buku Elektronik, Penerbit, dan Toko Buku.

Buku yang diunggah di SIBI merupakan buku yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia diizinkan memanfaatkan buku ini termasuk mengunduh dan mencetaknya. Namun, jika akan diperjual belikan, dilarang menjual lebih dari harga eceran tertinggi (HET) yang tertera di sampul belakang buku.

Buku teks merupakan buku yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Sedangkan buku non teks adalah buku umum dengan berbagai tema pembahasan.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar. 

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. 

Pada tahun 2021, kurikulum dan buku akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Karakteristik Kurikulum Merdeka

1. Lebih fokus pada materi yang esensial

Dengan fokus pada materi yang esensial, maka beban belajar di setiap mata pelajaran menjadi lebih sedikit. Hal ini bertujuan agar;

  • guru mempunyai lebih banyak waktu untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, seperti diskusi dan argumentasi atau pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis projek;
  • guru mempunyai banyak waktu untuk memperhatikan proses pembelajaran murid, misalnya menerapkan asesmen formatif, sehingga guru paham kemampuan awal murid atau memberikan umpan balik dan masukan bagi tugas-tugas yang dikumpulkan murid kita atau sekedar mendengarkan mereka untuk lebih memahami kebutuhannya. 
  • sekolah juga mempunyai ruang yang lebih banyak untuk menggunakan materi yang kontekstual, sesuai dengan visi misi sekolah atau kondisi lingkungan sekitar. 

Dengan demikian, murid memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna sekaligus lebih menyenangkan.

2. Stuktur kurikulum yang lebih Fleksibel

Kompetensi atau capaian pembelajaran ditetapkan oleh Kemendikbudristek tidak lagi untuk setiap tahun, tetapi untuk setiap fase. Misalnya, untuk SD, Kemendikbudristek menetapkan capaian fase A di akhir kelas 2, fase B di akhir kelas 4, dan fase C di akhir kelas 6.

  • guru menjadi lebih leluasa dalam merancang alur dan kecepatan pembelajaran yang lebih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan muridnya. 
  • jam pelajaran juga tidak dikunci per minggu, melainkan per tahun. Sekolah bisa lebih fleksibel dalam merancang kurikulum operasionalnya. 
  • murid SMA/MA dan Paket C kelas 11 dan 12, mereka bisa memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan aspirasi kariernya.

3. Tersedianya banyak perangkat ajar

Tersedia banyak alat bantu bagi guru untuk mengajar, seperti buku teks, modul ajar, asesemen literasi dan numerasi yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan belajar murid. Perangkat-perangkat ini dapat langsung digunakan guru atau dapat dimodifikasi atau diadaptasi sesuai keperluan. Ada juga modul-modul pelatihan yang bisa diikuti oleh guru dan kepala sekolah secara mandiri. Semua itu akan disediakan di aplikasi android dan website yang bernama Platform Merdeka Mengajar.

Dari 3 (tiga) karakteristik ini tentu akan membantu guru untuk merancang pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi murid. Pembelajaran yang menumbuh-kembangkan murid secara holistik, untuk menjadi pelajar Pancasila yang memiliki identitas ke Indonesiaan yang kuat dan siap menghadapi masa depan.

Yang akhirnya Kemdikbud terus berupaya untuk mencosialisasikan buku teks dan kurikulum Merdeka. Dengan demikian rekan-rekan guru telah dapat mendownload Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4 berikut ini.

Buku Siswa Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka IPAS Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 4 Volume 1 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 4 Volumen 2 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Budha Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Hindu Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Islam Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Katolik Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Kepercayaan Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Khonghucu Kelas 4 Download

Buku Siswa Kurikulum Merdeka PA Kristen Kelas 4 Download

Demikian ulasan singkat materi Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4 semoga membawa manfaat bagi dunia pendidikan terkini.

Halaman Buku Guru Kelas 1 Kurikulum Merdeka Download

Halaman Siswa Guru Kelas 1 Kurikulum Merdeka Download

Halaman Buku Guru Kelas 3 Kurikulum Merdeka Download

Materi lengkap juga dapat diakses pada laman: https://buku.kemdikbud.go.id

Post a Comment for "Buku Kurikulum Merdeka Teks Siswa Kelas 4"