Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul Ajar Guru Sekolah Penggerak PAUD

Modul Ajar Guru Sekolah Penggerak PAUD

Modul merupakan sebuah perencanaan pembelajaran dengan konsep berbasis projek (projek-base learning) yang disusun dan disesuaikan dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan tema serta topik projek, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Modul projek ini dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila.

Modul Ajar Guru Sekolah Penggerak PAUD


Tujuan disusun Modul Ajar

Tujuan Modul Ajar adalah Menyusun dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema tertentu. 


Seorang pendidik memiliki kemerdekaan untuk membuat modul ajar sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya. Pemerintah menyediakan beragam contoh modul projek dari berbagai fase dan tema yang berbeda untuk membantu pendidik yang membutuhkan referensi atau inspirasi dalam pengelolaan projek.


Modul ajar kurikulum merdeka merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.


Satuan pendidikan membuat keputusan berdasarkan angket penyusunan kurikulum mandiri. Survei ini mengukur kemauan guru, tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum. Pilihan yang paling tepat adalah terkait dengan persiapan satuan pendidikan. Menerapkan kurikulum mandiri akan lebih efektif jika memenuhi kebutuhan dengan lebih baik.


Modul ajar kurikulum merdeka merupakan perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan guru dalam proses pembelajaran. Modul Ajar merupakan implementasi dari ATP yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai Sasaran. 


Modul Ajar disusun sesuai dengan fase/tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran dan berbasis pada perkembangan jangka Panjang. Penulisan modul ajar bertujuan untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam Modul ajar kurikulum merdeka ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya.


Modul ajar merupakan sebuah dokumen yang berisi tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran serta asesmen (penilaian) yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Sehingga pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya.


Dalam hal ini pemerintah telah menyediakan beberapa contoh modul ajar yang dapat dipergunakan/dijadikan inspirasi untuk satuan pendidik di satuan pendidikan dan dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didiknya. Satuan pendidikan dalam hal ini pendidik dan peserta didik dapat menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah dan tidak perlu lagi menyusun perencanaan pembelajaran lagi.


Untuk melengkapi penjelasan di atas berikut ini kami telah kami persiapkan materi Modul Ajar Guru Sekolah Penggerak PAUD lengkapnya.


Modul Ajar secara Ringkas untuk guru PAUD terdiri dari materi:

Modul Ajar PAUD Materi Angin dan Cahaya [ download ]

Modul Ajar PAUD Materi Banjir dan Hujan [ download ]

Modul Ajar PAUD Materi Keluarga di Indonesia [ download ]


Modul Ajar Lengkap untuk Guru PAUD terdiri dari materi:

Buku Contoh Dama Melaut tambah ragam pilihan kegiatan [ download ]

Modul Ajar PAUD  Materi Dokter Hewan  Sudah Besar Jadi Apa [ download ]

Modul Ajar PAUD  Materi Pohon Harian dan Mingguan [ download ]

Modul Ajar PAUD  Materi Projek Pohon [ download ]

Modul Ajar PAUD  Materi Roda [ download ]

Modul Ajar PAUD  Materi Kicau Burung Ketilang [ download ]

Modul Ajar PAUD  Materi Sirong pergi ke sekolah [ download ]


Materi Penting lainnya:

👍 Buku Guru Sekolah Penggerak PAUD

👍 Buku Teks Guru Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

👍 Buku Teks Siswa Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

👍 Buku Teks Guru Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD

👍 Buku Teks Siswa Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD

👍 Buku Teks Guru Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP

👍 Buku Teks Siswa Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP

👍 Buku Teks Guru Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA

👍 Buku Teks Siswa Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA

Demikian ulasan singkat materi Modul Ajar Guru Sekolah Penggerak PAUD semoga membawa kebermanfaatan bagi kita semua, khususnya rekan-rekan pendidik yang bertugas dan mempunyai misi mencerdaskan anak bangsa.

Post a Comment for "Modul Ajar Guru Sekolah Penggerak PAUD"