Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Guru Dan Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak

Buku Guru Dan Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Buku Guru Dan Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak

Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.


Pada tahun 2021, kurikulum dan buku akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.


Buku siswa dan buku guru ini ditulis dengan pendekatan sebagai berikut.

a. Memotivasi dan menumbuhkan minat membaca. Setiap bab Buku Siswa diawali dengan bacaan fiksi dan nonfiksi yang menampilkan isu dan permasalahan keseharian peserta didik kelas tujuh. Bacaan fiksi dan nonfiksi ini memperkenalkan teks dengan genre yang menjadi bahasan pada bab tersebut. Setiap bacaan dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang menarik serta menumbuhkan daya kritis peserta didik. Pada akhir bab, peserta didik juga diberikan rekomendasi ragam bacaan fiksi dan nonfiksi yang menampilkan tema atau genre teks yang dibahas pada bab tersebut. Terdapat pula Jurnal Membaca yang diisi peserta didik dengan catatan dan refleksi peserta didik terhadap buku yang dibacanya. Jurnal Membaca pada setiap bab menanyakan pertanyaan yang berbeda sehingga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi buku dari beragam persepektif. 

b. Memperkenalkan topik kontekstual. Bacaan fiksi dan nonfiksi pada setiap bab Buku Siswa memperkenalkan satu genre teks sembari mengangkat tema yang relevan dengan keseharian peserta didik sehingga dapat memantik diskusi tentang pengalaman mereka. Tema ini mengangkat permasalahan terkait kesehatan diri, perilaku, serta fenomena lingkungan alam dan sosial di sekitar peserta didik. Setiap bab Buku Guru juga dilengkapi dengan Tip Mengadaptasi Materi Pembelajaran untuk membantu guru memperkaya pembelajaran dengan materi kontekstual dan teks bacaan yang sesuai dengan kekhasan lingkungan di sekitar sekolah. 

c. Membantu guru mengajar sesuai jenjang kompetensi peserta didik. Setiap bab Buku Guru dilengkapi dengan inspirasi kegiatan pendampingan untuk membantu peserta didik yang memerlukan bantuan khusus serta inspirasi kegiatan pengayaan untuk menstimulasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan pendampingan dan pengayaan ini dapat dilakukan secara klasikal, kelompok, maupun individual. Di samping itu, guru perlu menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan jenjang kompetensi peserta didik. Misalnya, guru dapat menambah atau mengurangi jumlah pertanyaan tentang teks, serta menyesuaikan tingkat kesulitan kegiatan dengan jenjang kompetensi peserta didik. 

d. Membantu guru menerapkan strategi literasi untuk memahami dan menganalisis bacaan dengan baik. Setiap bab Buku Guru dilengkapi dengan saran untuk menerapkan strategi melakukan curah gagasan, memprediksi arti kosakata, memindai bacaan, pertanyaan pemantik untuk memandu diskusi, serta strategi untuk memodelkan proses berpikir ketika menanggapi atau mengkaji bacaan. Saran ini merupakan bagian dari strategi membaca terbimbing yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan belajar peserta didik di kemudian hari. 

e. Membantu guru memahami Capaian Pembelajaran dan menurunkannya dalam tujuan pembelajaran yang mudah dicapai dan dievaluasi. Setiap bab Buku Guru diperlengkapi dengan tujuan pembelajaran yang diturunkan dari Capaian Pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini disertai dengan contoh rubrik penilaian yang menjadi inspirasi guru untuk memantau kemajuan belajar peserta didik. Pada akhir bab, guru dapat merefleksi peta kemajuan belajar peserta didik ini untuk merencanakan pendekatan yang perlu dilakukan untuk mengajar sesuai jenjang kompetensi setiap peserta didik.

Selengkapnya semua file Buku Guru Dan Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak dapat langsung diunduh pada tautan berikut ini:

Berikut Buku Guru SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak

👉 Buku Guru Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 7.pdf 

Berikut Buku Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak

👉 Buku Siswa Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 7.pdf 

Demikian penjelasan materi tentang Buku Guru Dan Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak semoga akan membawa berbagai kemudahan bagi bapak-ibu pendidik yang mengajar di satuan pendidikan menengah.

Download materi terkait lainnya:

👉 Buku Guru PAUD Sekolah Penggerak

👉 Buku Guru SD Kelas 1 Sekolah Penggerak

👉 Buku Siswa SD Kelas 1 Sekolah Penggerak

👉 Buku Guru SD Kelas 4 Sekolah Penggerak

👉 Buku Siswa SD Kelas 4 Sekolah Penggerak

Apabila berkeinginan materi ini juga dapat diakses pada laman: https://buku.kemdikbud.go.id/


Post a Comment for "Buku Guru Dan Siswa SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak"