Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah

Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah

Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dilaksanakan melalui pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. 

Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah

Kondisi di lapangan, masih belum optimalnya pelaksanaan kegiatan UKS/M dalam menumbuhkembangkan kebiasaan PHBS bagi peserta didik. 

Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan RI menerbitkan Buku Saku Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Sekolah/ Madrasah Sehat yang diharapkan dapat membantu implementasi program UKS/M oleh guru madrasah kepada peserta didik. 

Kegiatan UKS/M dapat terintegrasi dengan jadwal mata pelajaran atau pun juga dilakukan diantara jam belajar. Misalnya dengan melakukan praktek cuci tangan pakai sabun bersama pada jam istirahat, sehingga peserta didik terbiasa untuk melakukan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan di lingkungan sekolah dalam rangka memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik.

Kegiatan UKS diselenggarakan meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu, peran Kepala Sekolah dan Guru sangat strategis dalam pelaksanaan UKS.

Kerjasama di antara warga sekolah sangat diperlukan supaya UKS dapat berjalan efektif. Hal tersebut penting dalam menciptakan suasana organisasi yang harmonis dalam membangun kebersamaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pembina Tingkat Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/M secara baik dan benar, terutama disebabkan kurangnya pembinaan, buku-buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M, kesadaran, komitmen, dan kerjasama dari empat kementerian. Disamping itu pula, masih kurangnya pelatihan untuk pembina dan pelaksana UKS/M guna peningkatan pemahaman dan wawasan.

Maka dari itu, mari kita sukseskan pelaksaaan UKS di sekolah demi terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat kepada peserta didik, melalui mempelajari modul dan buku pedoman pelaksanaan UKS berikut ini:

Download: Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah

Demikian semoga materi Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah dapat bermanfaat.


Materi terkait lainnya:

Buku Model Kegiatan Ektra Pramuka di Masa Pandemi Covid-19

Buku Matematika Untuk Guru dan Siswa K-13 Kelas 4-5-6

RPP Matematika Untuk Guru dan Siswa K-13 Kelas 4-5-6  Format 1 Lembar

Jurnal PBM Guru Kelas 1-2-3-4-5-6 SD/MI Semester 1

Post a Comment for "Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah"