Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4-5-6 SD/MI Revisi Terbaru

Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4-5-6 SD/MI Revisi Terbaru

Pada pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 khususnya mata pelajaran Matematika baru mulai diajarkan dari kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 di SD/MI, sehingga untuk mata pelajaran matematika di SD/MI hanya berlaku, sedangkan di kelas bawah matematika masih menerapkan tematik.

Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4-5-6 SD/MI Revisi Terbaru

Kmi mulai dari penjelasan Pokok materi mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD/MI serbagai berikut:

Buku teks pelajaran yang baik adalah buku yang dapat mencakup kurikulum yang berlaku. Kompetensi Dasar harus tersampaikan melalui kegiatan-kegiatan yang dikemas dalam buku tersebut. Tantangan berikutnya adalah bagaimana sebuah buku dapat memuat kecakapan abad 21 yang dikenal dengan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, Collaboration).

Hakikat matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak. Bagi kebanyakan siswa matematika masih merupakan sesuatu hal yang sangat sulit dan menjadi momok. Bagi para guru tidak mudah untuk memilih strategi, model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat. Dengan demikian materi matematika mudah dipahami siswa, siswa dapat terampil serta siswa tertarik untuk mempelajarinya.

Strategi pembelajaran merupakan taktik yang digunakan guru agar pembelajaran terlaksana dan tepat sasaran. Strategi pembelajaran secara aplikatif dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu strategi langsung dan strategi tidak langsung. Strategi mana yang digunakan sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat tepat sasaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sangat tergantung pada keahlian guru. 

Oleh karena itu, agar siswa lebih cepat memahami materi biasanya digunakan strategi langsung. Jika strateginya tidak langsung, maka jenis kegiatannya juga tidak langsung menyentuh materi pembelajaran.

Rencana pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperkirakan berbagai tindakan yang akan dilakukan di kelas. Perencanaan pembelajaran tersebut perlu dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yang berorientasi (berbasis) pada pembentukan kompetensi siswa, seperti kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian berbasis kelas. Kompetensi dasar berfungsi untuk memberikan makna terhadap materi standar.

Indiaktor hasil belajar berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketercapaian kompetensi. Adapun penilaian berbasis kelas berfungsi sebagai alat untuk mengukur pembentukan kompetensi serta dapat menentukan tindakan yang harus dilakukan jika kompetensi standar belum tercapai.

Buku guru ini memuat kebutuhan guru dalam menerapkan pembelajaran di kelas. Hal ini berdasarkan buku siswa berjudul “Senang Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV, V, dan Kelas VI”. Caranya guru terlebih dahulu mempelajari buku ini sebelum mengajar di kelas sehingga mengetahui hal-hal yang perlu disiapkan atau dilakukan dalam menyiapkan pembelajaran.

Buku Panduan Guru ini disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • a. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan indikator dari Mata Pelajaran Matematika Kelas IV, V, dan Kelas VI sesuai Permendikbud, Nomor 24 Tahun 2016.
  • b. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap Kompetensi Dasar.
  • c. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  • d. Pembelajaran yang memuat kecapakan abad 21, yaitu komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreativitas dan inovasi.
  • e. Berbagai teknik penilaian siswa.
  • f. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  • g. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  • h. Petunjuk penggunaan buku siswa. 

Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut,

a. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti mengamati gambar dan teks.

b. Menginformasikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa dapat mengelola informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).

c. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.

d. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.

e. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

f. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.

g. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

B. Cara Penggunaan Buku Guru

Buku Panduan Guru ini memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

a. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.

b. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator setiap pelajaran atau bab.

c. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.

d. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.

e. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.

f. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai materi pembelajaran. Menjadi lebih baik lagi bila dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menunjukkan gambar, dan sebagainya.

g. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih model pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan.

h. Pilihlah beragam model pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya diskoveri/inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penggunaan beragam model tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.

i. Kembangkanlah keterampilan seperti,

1) pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM);

2) keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi;

3) keterampilan membuka dan menutup pembelajaran; dan

4) keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.

j. Maksimalkanlah penggunaan media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.

k. Buatlah alat peraga guna memudahkan siswa memahami materi.

l. Seluruh KD Matematika Kelas V terbagi menjadi lima pelajaran. Buatlah program tahunan dan program semester untuk menentukan pembagian materi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

m. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah.

n. Pada akhir pelajaran buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumbersumber yang lain.

o. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.

p. Buatlah catatan refleksi setelah satu pelajaran selesai, sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.

q. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan.

Pada guru juga dijelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan di buku siswa dapat dilaksanakan dengan baik. Ada beberapa ikon yang terdapat pada buku siswa, yaitu sebagai berikut.

a. Amati

Kegiatan Ayo Amati berisi gambaran materi berupa gambar dan teks di awal pembahasan materi. Siswa diminta mengamati gambar dan teks untuk masuk kepada materi yang akan dipelajari.

b. Aktivitas

Aktivitas adalah kegiatan yang dirancang secara kelompok. Kegiatan ini menanamkan siswa untuk berkolaborasi bersama teman-temannya melalui aktivitas kelompok.

c. Asyik Mencoba

Setelah mendapatkan konsep dari pengamatan dan kegiatan pembelajaran siswa diuji mengerjakan latihan. Kegiatan “Ayo Mencoba” dirancang untuk menjawab kompetensi dasar pada KI-3 atau ranah pengetahuan. Namun demikian tidak dipungkiri kegiatan ini juga mencakup keterampilan siswa.

d. Asyik Berlatih

Kegiatan “Asyik Berlatih” ditujukan menyelesaikan permasalahan seharihari atau menguji kemampuan siswa pada ranah keterampilan (KI-4).

e. Asyik Berkreasi

Kegiatan “Asyik Berkreasi’ ditujukan untuk menguji kemampuan siswa yang berkaitan dengan keterampilan yang menghasilkan produk. Ada beberapa keterampilan yang menuntut siswa membuat produk, seperti menggambar, membuat bangun datar, bangun ruang, dan sebagainya.

f. Asyik Bereksplorasi 

Kegiatan “Asyik Bereksplorasi” bertujuan membiasakan siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang memiliki beberapa cara penyelesaian.

g. Berpikir Kritis

Berpikir kritis bertujuan melatih siswa untuk mengajukan pertanyaanpertanyaan sekitar materi yang dipelajari. Pada kegiatan ini, siswa diberi pertanyaan atau siswa diminta mengajukan pertanyaan.

h. Tugas Proyek

Tugas proyek diberikan di akhir pembahasan materi. Tugas ini dapat mencakup beberapa materi dan dikerjakan secara berkelompok. Tugas proyek juga dapat dikerjakan dengan melibatkan orangtua.

i. Rangkuman Materi

Rangkuman materi berisi inti dari materi yang telah dipelajari.

j. Uji Kompetensi

Uji kompetensi berisi soal-soal latihan yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang dipelajari. Uji kompetensi terdiri atas soal pilihan ganda dan soal essay.

C. Belajar Bersama Orang Tua

Pada setiap akhir pelajaran atau bab pada Buku Siswa, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul “Belajar Bersama Orang Tua”. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua dapat belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada akhir setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung di sekolah.

Berikut link unduhan materi Buku Matematika pegangan Guru dan siswa Kurikulum 2013 Kelas 4-5-6 SD/MI Revisi Terbaru 

Buku Matematika Pegangan Guru Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI

Buku Matematika Pegangan Guru Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI

Buku Matematika Pegangan Guru Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/MI

Buku Matematika Pegangan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI

Buku Matematika Pegangan Siswa Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI

Buku Matematika Pegangan Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/MI

Demikian ulasan singkat materi Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4-5-6 SD/MI Revisi Terbaru semoga bermanfaat.

Download Juga:

Post a Comment for "Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4-5-6 SD/MI Revisi Terbaru"