Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Pembelajaran Daring PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013

Modul Pembelajaran Daring PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013

Dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan virus Corona Covid 19 di lingkungan satuan pendidikan, Kemendikbud telah mengambil kebijakan untuk menutup sekolah selama masa pandemi Covid 19.
Modul Pembelajaran Daring PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013
Modul Pembelajaran Daring PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013
Selama masa penutupan, kegiatan belajar mengajar dialihkan melalui penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid 19).

Untuk memudahkan para guru Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) melaksanakan pembelajaran jarah jauh (PJJ) maka pada kesempatan kali ini kami bagikan “Modul Pembelajaran Dari Rumah mata Pelajaran PJOK” yang dipergunakan oleh Kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD/MI.

Modul ini diperlukan karena dalam PJJ, terdapat sejumlah KBM yang berbeda dengan KBM normal. Misalnya, guru harus mereview kurikulum, memfokuskan pada literasi dan numerasi, menyiapkan RPP yang berbeda, hingga menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi. 
Kegiatan pembelajaran PJOK ini dibutuhkan agar mutu KBM mata pelajaran PJOK dengan sistem pemnelajaran jarak jauh tetap terjaga dan peserta didik tetap dapat layanan pendidikan selama darurat covid 19, meskipun peserta didik tertutup akses fisiknya ke sekolah.

Kami hanya berharap agar dengan adanya modul ini menjadi referensi yang dapat membantu guru Mata Pelajaran PJOK, kepala sekolah dan tenaga kependidikan serta pemangku kepentingan lainnya agar pelaksanaan PJJ dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Hal ini karena sampai saat ini lebih dari 91% populasi siswa dunia telah dipengaruhi oleh penutupan sekolah karena pandemi COVID 19 (UNESCO).

Bagaimana sistem pendidikan nasional dapat memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama untuk pendidikan berkualitas selama krisis yang belum pernah terjadi sebelum ini.

Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh ini berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang telah diterbitkan beberapa waktu yang lampau.

Dengan adanya perbedaan pembelajaran tatap muka langsung dengan pembelajaran Jarak Jauh tidak akan mengurangi kualitas dan kuantitas hasil belajar siswa.

Oleh sebab itulah untuk tahun pelajaran 2020/2021 bagi lembaga pendidikan yang berada di zona kuning, orange, bahkan merak tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), meskipun pada tanggal 7 Agustus 2020 telah diadakan perubahan kesepakatan 4 menteri, namun kebijaksanaan tetap berpedoman boleh dan tidaknya tergantung pula oleh pemerintah daerah setempat.

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dengan melalui pembelajaran media online Dalam Jaringan (Daring) dapat memanfaatkan media sosial yang sangat tepat atau sederhana whatsapp, facebook, yutube, e-learning atau sejenisnya sesuai dengan kesepakatan satuan pendidikan dengan pihak orang tua, siswa serta pendidik pada satuan pendidikan.

Selain dengan pembelajaran daring pelaksanaan pembelajaran juga dapat dilaksanakan dengan media Luar Jaringan (luring).

Oleh sebab itulah guna mempermudah mempersiapkan pembelajaran PJOK tersebut telah kami siapkan Modulnya pula yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, maupun orang tua peserta didik.

Modul ini diberikan sebuah istilah “Modul Pembelajaran Aktif Kolaboratif Integratif (AKI) pada mata pelajaran PJOK untuk kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD/MI.

Untuk melengkapi artikel pada kesempatan kali ini, maka berikut telah kami persiapkan filenya pada menu berikut.

Sekali lagi harapan kami semoga materi ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal, akhir kata mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan serta membagikan materi pada media yang kami gunakan saat ini.

Download juga:

Sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk mempermudah pencarian materi pada media yang kami kelola ini adalah gunakan fasilitas menu navigasi pada bagian atas artikel atau menggunakan menu label yang telah kami persiapkan di sebelah kanan artikel ini. Atau lanjutkan untuk menyimak berikut ini:

1.Menu Surat Dinas

Pada menu surat Dinas ini merupakan bagian menu untuk pencarian materi yang berhubungan dengan surat menyurat di satuan pendidikan.

2.Administrasi PMB

Menu Administrasi PBM ini kami bagi menjadi, Adm PAUD/TK, Adm SD/MI, Adm SLTP, Adm SLTA

3.Menu Soal

Pada menu soal ini terdiri dari Soal SD/MI, Soal SLTP, Soal SLTA, Soal Lainnya

4.Menu navigasi Buku
Menu ini merupakan menu untuk menemukan materi yang berkaitan dengan buku-buku pelajaran atau buku pengayaan lainnya.

5.Menu Navigasi juknis

Menu juknis ini dikandung maksud sebagai materi pencarian yang berhubungan dengan juknis-juknis.

6.Menu Navigasi Aplikasi

Pada menu navigasi aplikasi ini merupakan lokasi materi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi

7.Menu navigasi download

Pada menu tersebut merupakan bagian menu untuk materi alternatif, artinya barangkali materi yang kami bagikan bukan merupakan materi-materi yang ada pada navigasi-navigasi tersebut di atas.
Download: Modul Pembelajaran Daring PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013
Terima kasih telah berkunjung semoga anda nyaman, serta dapat mendapatkan materi yang anda inginkan.

Post a Comment for "Modul Pembelajaran Daring PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013"