Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 1,2,3 SD/MI Pendukung Belajar Dari Rumah Masa Pandemik Covid-19

Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk mendukung pembelajaran dari rumah di masa pandemik covid-19

Karakter atau nilai adalah sifat atau atribut yang melekat pada diri seseorang. Pendidikan karakter sendiri adalah sebuah upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur pada siswa. Karakter yang akan dibahas pada kumpulan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini antara lain: Disiplin dan Hormat.
Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk mendukung pembelajaran dari rumah di masa pandemik covid-19

Diharapkan bahwa setelah siswa bersama orang tua melakukan hal-hal yang diminta dalam LKS secara rutin setiap harinya, maka akan timbul rasa disiplin dan kemandirian ketika mengerjakan tugas-tugas sekolah selama proses Belajar Dari Rumah.

Untuk menumbuhkan rasa disiplin yang bersifat intrinsik, maka siswa harus mengetahui untuk apa ia melakukan sebuah kegiatan dan apa relevansinya untuk kehidupan mereka kelak. Karenanya, pada LKS minggu ke-1 peran orang tua dalam mendiskusikan target apa yang akan dipenuhi siswa dan bagaimana caranya akan sangat berperan penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran Pendidikan Penguatan Karakter ini.

Panduan untuk Guru dan Orang Tua / Wali Siswa 

Membuat Kesepakatan Bersama Anak 

Materi yang terdapat pada LKS minggu pertama akan membahas bagaimana siswa akan merencanakan kegiatan pembelajaran selama 1 minggu. 

Orang Tua diharapkan dapat mendiskusikan target tugas atau keahlian lain yang ingin anak capai selama 1 minggu ke depan bersama orang tua. 

Orang Tua dapat mendiskusikan mengapa menentukan tujuan (Goal) awal di awal minggu itu penting. Orang tua juga dapat mendiskusikan ide dan kegiatan yang dapat dilakukan, selain daripada itu orang tua juga dapat mendiskusikan cara-cara untuk mengingatkan siswa dalam melakukan tugasnya. Selanjutnya, orang Tua juga dapat mendiskusikan bahwasanya siswa perlu melakukan latihan rutin agar dapat menguasai sesuatu yang ia ingin bisa lakukan. Misalnya: ketika anak dan orang tua menyepakati bahwa anak ingin lebih lancar membaca, maka untuk dapat melakukannya latihan seperti apa yang dibutuhkan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk berlatih serta durasi waktu dalam setiap latihan membacanya. 

Menyusun Jadwal Bersama 

Ketika siswa sudah menyepakati bersama tujuan belajar selama 1 minggu ke depan, maka yang berikutnya adalah bagaimana menyusun jadwal untuk latihan / belajar. Jadwal ini terdapat pada LKS 1 minggu ke 1. 

Di pagi hari sebelum kegiatan belajar di rumah dimulai, maka orang tua dan siswa dapat menentukan target apa yang mesti anak lakukan pada hari itu, apa yang ia butuhkan, bantuan dari siapa yang akan diperlukan siswa, dan bagaimana siswa akan melakukannya.

Setelah kegiatan pembelajaran selesai (Waktu dapat disesuaikan oleh orang tua dan siswa), maka siswa akan mengisi LKS yang sama (LKS 1), dan melakukan refleksi. Apakah target belajar di hari itu sudah baik? Jika ya, apa yang membuatnya berjalan baik? Jika belum, apa yang membuatnya belum baik? Tentukan rencana bagaimana siswa dapat melakukan kegiatannya dengan lebih baik esok hari.

Download Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk mendukung pembelajaran dari rumah di masa pandemik covid-19 sebagai berikut:





Demikian ulasan singkat materi Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk mendukung pembelajaran dari rumah di masa pandemik covid-19 semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 1,2,3 SD/MI Pendukung Belajar Dari Rumah Masa Pandemik Covid-19"