Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5

Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5

Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5 - Terdapat perbedaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PAIBP) antara jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan jenjang sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI). Karena selain mata pelajaran PAI secara umum seperti halnya di Sekolah Dasar, masih pula ditambah mata pelajaran yang diberlakukan oleh Kemenag.
Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5
Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5
Sehingga kami sengaja mengutup langsung dari "Kata Pengantar" salah satu buku Guru tersebut, dan berikut Kata Pengantarnya:

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Swt. Tuhan sekalian alam. Nikmat-Nya yang begitu “deras” mengalir mengantarkan manusia pada “hilir” kesadaran bahwa kasih yang Dia limpahkan bersifat universal menembus “belukar” sekat suku, agama, ras antar golongan juga adil kepada mereka yang patuh maupun yang ingkar.

Sebagai ajaran agama yang sempurna, Islam harus di-ejawantahkan (dilaksanakan) dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompokkan menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari sesuai dengan jenjangnya.

Pengelompokkan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan madrasah dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di dalamnya dikhususkan pada peminatan Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya (IIBB) serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: a). Al-Quran Hadis, b). Akidah Akhlak, c). Fikih, d). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a). Tafsir- Ilmu Tafsir, b). Hadis ilmu Hadis, c). Fikih-Ushul Fikih, d). Ilmu Kalam, e). Akhlak. Kemudian dalam upaya mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta Bahasa Arab.

Sebagai komitmen untuk menyiapkan generasi emas anak shaleh dan shalihah, mulai tahun ajaran 2014-2015 seluruh madrasah di bawah pembinaan Kementerian Agama RI telah siap melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk keperluan dimaksud, maka secara legal formal Kementerian Agama RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Kurikulum 2013 yang berisi Kerangka Dasar Kurikulum Madrasah 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.

Pada saat yang sama sebagai panduan implementasi kurikulum madrasah 2013, Kementerian Agama telah menyiapkan model silabus Pembelajaran PAI di Madrasah, menerbitkan buku pegangan siswa dan buku pedoman guru. Kehadiran buku di tangan peserta didik dan guru menjadi kebutuhan pokok untuk menerapkan kurikulum Madrasah 2013.

Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, “Ma la yatimmu al-wajib illa bihi fahuwa waajib” (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyediakan sarana pendukungnya, salah satu di antaranya buku ajar.

Karena itu buku pedoman guru dan pegangan siswa ini disusun dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Akhirnya, semoga buku ini mampu menjadi “jembatan” antara harapan dengan citacita tujuan pendidikan Islam secara khusus dan pendidikan nasional secara umum yakni membentuk manusia kaffah (utuh) yang tidak saja memiliki kecerdasan intelektual, namun kecerdasan sosial di tengah kompleksitas kehidupan umat manusia. Āmīn.

Download Juga:


PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah penahapan berikut ini.

1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahmai konsep utuh buku mari belajar Al-Quran Hadis, serta memahami Kompetensi Intidan Kompetensi Dasar dalam kerangka kurikulum 2013

2. Setiap pelajaran berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi guru dan murid.

3. Pada Sub bab tertentu penomoran Kompetensi Intidan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal tersebut disesuaikan dengan tahapan pencapaian kompetensi dasar

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut:

  • Aku Bisa! (Membaca, Menulis, dan Menghafal): berisi aktifitas yang harus dilakukan peserta didik untuk menguasai materi pelajaran.
  • Ayo berlatih!:untuk mengukur atau menilai penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.
  • Tugasku !:berisi latihan bagi peserta didik untuk menyelesaikan tugas tertentu baik individu maupun kelompok, untuk memperdalam penguasaan materi pelajaran.

Dalam pelaksanaanya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan
dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Lebih jelasnya silahkan download materinya di bawah ini:
Demikian ulasan singkat materi Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5 semoga bermanfaat, mohon maaf atas segala bentuk kekurangan kami dalam menjelaskan, kami mohon kritik dan saran demi kemajuan kami dalam berpikir, berinovasi, serta bekreasi dalam duni pendidikan melalui media ini.

Post a Comment for "Buku Guru dan Siswa PAI Madrasah Kelas 5"