Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2

Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2

Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2 - Alhamdulillah segala puji bagi Allah Swt.Tuhan sekalian alam. Nikmat-Nya yang begitu “deras” mengalir mengantarkan manusia pada “hilir” kesadaran bahwa kasih yang Dia limpahkan bersifat universal menembus “belukar” sekat suku, agama, ras antar golongan juga adil kepada mereka yang patuh maupun yang ingkar.
Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2
Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2
Sebagai ajaran agama yang sempurna, Islam harus di-ejawentahkan (dilaksanakan) dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompokkan menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari sesuai dengan jenjangnya.

Pengelompokkan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan madrasah dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di dalamnya dikhususkan pada peminatan Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya (IIBB) serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: a). al-Qur'an Hadis, b). Akidah Akhlak, c). Fikih, d). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a). Tafsir-Ilmu Tafsir, b). Hadis ilmu Hadis, c). Fikih-Ushul Fikih, d). Ilmu Kalam, e). Akhlak. Kemudian dalam upaya mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta Bahasa Arab.

Sebagi komitmen untuk menyiapkan generasi emas anak shaleh dan shalihah, mulai tahun ajaran 2014-2015 seluruh madrasah di bawah pembinaan Kementerian Agama RI telah siap melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk keperluan dimaksud, maka secara legal formal Kementerian Agama RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Kurikulum 2013 yang berisi Kerangka Dasar Kurikulum Madrasah 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.

Pada saat yang sama sebagai panduan implementasi kurikulum madrasah 2013, Kementerian Agama telah menyiapkan model silabus Pembelajaran PAI di Madrasah, menerbitkan buku pegangan siswa dan buku pedoman guru. Kehadiran buku di tangan peserta didik dan guru menjadi kebutuhan pokok untuk menerapkan kurikulum Madrasah 2013.

Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, “Ma la yatimmu al-wajib illa bihi fahuwa wajib” (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyediakan sarana pendukungnya, salah satu di antaranya buku ajar.
Download: Buku Guru Dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1
Karena itu buku pedoman guru dan pegangan siswa ini disusun dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Download juga: Buku Guru Dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas 3
Akhirnya, semoga buku ini mampu menjadi “jembatan” antara harapan dengan citacita tujuan pendidikan Islam secara khusus dan pendidikan nasional secara umum yakni membentuk manusia kaffah (utuh) yang tidak saja memiliki kecerdasan intelektual, namun kecerdasan sosial di tengah kompleksitas kehidupan umat manusia. Amien.
Unduh Filenya Berikut ini:
  • Download ==> Buku Guru Bahasa Arab MI Kelas 2
  • Download ==> Buku Guru Akidah Akhlak MI Kelas 2 
  • Download ==> Buku Guru Al-Qur'an Hadis MI Kelas 2 
  • Download ==> Buku Guru Fikih MI Kelas 2 
  • Download ==> Buku Siswa Al-qur'an Hadist MI Kelas 2 
  • Download ==> Buku Siswa Aqidah Akhlak MI Kelas 2 
  • Download ==> Buku Siswa Bahasa Arab MI Kelas 2
  • Download ==> Buku Siswa Fiqih MI Kelas 2

Demikian penjelasan singkat materi Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2 semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Buku Guru Dan Siswa Mapel PAI K13 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2"