INOVASI LKS Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal

INOVASI LKS Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerintah, termasuk sektor pendidikan. 
INOVASI LKS Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020, seluruh sekolah di Indonesia diatur untuk melaksanakan Belajar dari Rumah. Dengan kondisi ini, guru dihadapkan pada tantangan untuk dapat mengelola pembelajaran yang efektif di rumah.

INOVASI berupaya merespon cepat kondisi pendidikan saat ini dengan berkontribusi memberikan dukungan bagi guru dan orangtua dengan anak-anak di sekolah dasar kelas awal (kelas 1, 2, dan 3). 

Kontribusi tersebut berupa mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, yang dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah, baik oleh orang dewasa yang masih perlu mendampingi anak, maupun bagi anak yang telah dapat menggunakannya secara mandiri.
Di antara kegiatan pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah Literasi.
Panduan untuk Guru dan Orang Tua / Wali Siswa 

1.Membuat Kesepakatan Bersama Anak

Sebagai pembimbing utama dalam pembelajaran anak, orangtua diharapkan membimbing anak membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan dapat berupa penjadwalan pelaksanaan pembelajaran atau pengerjaan tugas-tugas, kesepakatan mengenai ekspektasi dari pengerjaan tugas-tugas, baik ekspektasi anak terhadap orangtua dan sebaliknya. Orangtua diharapkan pula untuk menyepakati bersama anak durasi setiap pengerjaan, serta durasi penyelesaian keseluruhan LKS. 

Selain itu, orangtua bersama anak diharapkan membuat kesepakatan mengenai pola belajar, misalnya orangtua menjelaskan sebelum anak mengerjakan tugas, anak dapat bertanya selama pengerjaan tugas-tugas, dan lain sebagainya. Hal ini melatih anak untuk belajar menerapkan pengaturan waktu, pengorganisasian kegiatan-kegiatan sehari-hari, dan memahami tata tertib atau aturan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

2.Menyusun Jadwal Bersama 

Selama masa belajar di rumah dan pengerjaan LKS, orang tua dan anak diharapkan menyusun jadwal bersama mengenai hal-hal berikut: 

  • Berapa lama waktu pengerjaan setiap tugas dalam LKS 
  • Kapan belajar di rumah dan pengerjaan LKS dilakukan, atau pada kegiatan ke berapa dalam keseluruhan kegiatan sehari-hari. Penyusunan jadwal bersama melatih anak keteraturan.

3. Pendidikan yang Inklusif 

Dalam model pembelajaran yang inklusif, kemampuan dan kebutuhan pembelajaran anak merupakan dasar dari pelaksanaan proses pembelajaran, mencakup pemilihan topik belajar, bagaimana proses belajar dilakukan, juga pemilihan media pendukung kegiatan belajar. Model pembelajaran inklusif mengharuskan pembimbing memperhatikan keunikan-keunikan anak, termasuk di bawah ini: 
a. Penglihatan 
b. Pendengaran 
c. Perilaku & emosi 
d. Intelektual 
e. Motorik 
f. Belajar spesifik 

Lembar Kerja Siswa terdiri dari: 
1. Membuat Cerita Melalui Berhitung dan Melompat
2. Nonton Bersama Orang Tua (Kartun/Film)
3. Menceritakan (Deskripsi) Tokoh yang Disukai
4. Menemukan Urutan Cerita/Peristiwa
5. Menyimak, Memahami Isi Cerita dan Praktik Membersihkan Lingkungan 
1. Menyimak cerita 
2. Praktik membersihkan lingkungan rumah 
3. Menuliskan pengalaman membersihkan lingkungan rumah 

6. Ini Caraku Merawat Tumbuhan 

  1. 1. Tumbuhan yang disukai dan alasannya 
  2. 2. Praktik Merawat Tumbuhan Rumah 
  3. 3. Membuat Deskripsi Tumbuhan yang disukai 
Untuk lebih jelasnya mari kita baca terlebih dahulu pada file review berikut ini
Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal

Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal Link Downloadnya Disini

Demikian ulasan singkat materi INOVASI LKS Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan. 
Terima kasih.

Keterangan khusus:

Sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk mempermudah pencarian materi pada media yang kami kelola ini adalah gunakan fasilitas menu navigasi pada bagian atas artikel atau menggunakan menu label yang telah kami persiapkan di sebelah kanan artikel ini. Atau lanjutkan untuk menyimak berikut ini:

1.Menu Surat Dinas

Pada menu surat Dinas ini merupakan bagian menu untuk pencarian materi yang berhubungan dengan surat menyurat di satuan pendidikan.

2. Administrasi PBM

Menu Administrasi PBM ini kami bagi menjadi, Adm PAUD/TK, Adm SD/MI, Adm SLTP, Adm SLTA

3. Menu Soal

Pada menu soal ini terdiri dari Soal SD/MI, Soal SLTP, Soal SLTA, Soal Lainnya

4. Menu navigasi Buku

Menu ini merupakan menu untuk menemukan materi yang berkaitan dengan buku-buku pelajaran atau buku pengayaan lainnya.

5. Menu Navigasi juknis

Menu juknis ini dikandung maksud sebagai materi pencarian yang berhubungan dengan juknis-juknis.

6. Menu Navigasi Aplikasi

Pada menu navigasi aplikasi ini merupakan lokasi materi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi

7. Menu navigasi download

Pada menu tersebut merupakan bagian menu untuk materi alternatif, artinya barangkali materi yang kami bagikan bukan merupakan materi-materi yang ada pada navigasi-navigasi tersebut di atas.

Terima kasih telah berkunjung semoga anda nyaman, serta dapat mendapatkan materi yang anda inginkan. Baca sampai selesai dan masuk pada kolom komentar, karena di bagian kolom komentar kami gunakan sebagai evaluasi materi dan artikel selanjutnya.




Post a Comment for "INOVASI LKS Kelas 2 SD/MI Literasi Kelas Awal"