LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19

 LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerintah, termasuk sektor pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020, seluruh sekolah di Indonesia diatur untuk melaksanakan Belajar dari Rumah. Dengan kondisi ini, guru dihadapkan pada tantangan untuk dapat mengelola pembelajaran yang efektif di rumah.
 LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19
 LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19

INOVASI berupaya merespon cepat kondisi pendidikan saat ini dengan berkontribusi memberikan dukungan bagi guru dan orangtua dengan anak-anak di sekolah dasar. Kontribusi tersebut berupa mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, yang dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah, baik oleh orang dewasa yang masih perlu mendampingi anak, maupun bagi anak yang telah dapat menggunakannya secara mandiri.

Di antara kegiatan pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah Psikoedukasi. Lembar Kerja Siswa (LKS) Psikoedukasi ini disusun untuk memenuhi kebutuhan siswa belajar dari rumah selama pandemi Covid 19. Kegiatan-kegiatan di dalam LKS dirancang untuk bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan bimbingan orang tua atau guru secara minimal. Orangtua atau guru bisa membacakan perintah dalam setiap soal, jika siswa belum memahami perintahnya.

Materi LKS ini berisi sembilan kegiatan untuk membantu anak mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan yang mencakup aspek pribadi, sosial, dan belajar secara utuh dan optimal.

Dengan terjadinya pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan psikoedukasi lebih diarahkan kepada upaya pendidikan kepada anak agar mampu merespon kondisi yang dihadapi dengan cara menambah pengetahuan tentang pencegahan Covid-19 dan memahami dirinya dan perasaannya, dan membangun rasa positif

Lembar Kerja Siswa Kelas 1- 3
  • Zona Perasaan
  • Mengatur Perasaan
  • Catatan Kebahagiaan  
  • Keluargaku Permataku  
  • Kita akan baik saja  
  • Lencana Penghargaan  


Lembar Kerja Siswa Kelas 1- 6 
  • Tips Sehat dan Bahagia
  • Berburu Kata Baik


Membuat Kesepakatan Bersama Anak 
Membuat kesepakatan bersama anak di awal masa belajar di rumah amat penting untuk membangun komitmen dan tanggung jawab anak untuk menjalankan tugasnya dengan sukarela dan sukacita. Kesepakatan bersama ini perlu keterlibatan semua anggota keluarga di rumah. Panduan di bawah bisa digunakan untuk menyusun kesepakatan bersama.

Mari buat kesepakatan bersama!.

1. Melibatkan Semua Anggota keluarga. 
2. Buat kesepakatan secara tertulis. 
3. Fokus pada hal penting. 
4. Sedikit. List beberapa yang bisa dilakukan anak dengan konsisten. 
5. Menggunakan Bahasa positif. Tuliskan apa yang ingin dicapai. 
6. Diskusikan bersama konsekuensi, jika kesepakatan tidak dijalankan. 
7. Tinjau ulang kesepakatan jika masalah muncul. 

Menyusun Jadwal Bersama 

Jadwal dapat memandu anak untuk menjalankan kegiatan sesuai dengan tujuan dan waktu yang telah ditentukan. Jadwal dapat digunakan untuk menjadi acuan mencapai bersama (terutama orangtua dan anak). Jadwal sebaiknya mencakup paling sedikit 3 hal, kegiatan, waktu, indikator keberhasilan. Berikan waktu istirahat yang cukup atau waktu untuk penyegaran di sela-sela kegiatan utama.
Download juga:  LKS BDR Paket 1 Kelas 1-3 SD Masa Pandemi Covid-19
Sebagai awal pemahaman materi marilah kita pahami bersama-sama file review berikut ini

 [ LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19 ]

 

LKS Psikoedukasi Paket 2 Pendukung Pembelajaran Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Download

Semoga dengan kami bagikan materi  LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar bapak/ibu semua dapat berjalan dengan lancar.

Post a Comment for " LKS BDR Paket 2 Kelas 1-6 SD Masa Pandemi Covid-19"