Inovasi LKS Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal

LKS Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerintah, termasuk sektor pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020, seluruh sekolah di Indonesia diatur untuk melaksanakan Belajar dari Rumah. Dengan kondisi ini, guru dihadapkan pada tantangan untuk dapat mengelola pembelajaran yang efektif di rumah.
Inovasi LKS Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal

INOVASI berupaya merespon cepat kondisi pendidikan saat ini dengan berkontribusi memberikan dukungan bagi guru dan orangtua dengan anak-anak di sekolah dasar kelas awal (kelas 1, 2, dan 3). 

Kontribusi tersebut berupa mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, yang dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah, baik oleh orang dewasa yang masih perlu mendampingi anak, maupun bagi anak yang telah dapat menggunakannya secara mandiri.

Di antara kegiatan pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah Literasi.

Panduan untuk Guru dan Orang Tua / Wali Siswa 

1.Membuat Kesepakatan Bersama Anak

Sebagai pembimbing utama dalam pembelajaran anak, orangtua diharapkan membimbing anak membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan dapat berupa penjadwalan pelaksanaan pembelajaran atau pengerjaan tugas-tugas, kesepakatan mengenai ekspektasi dari pengerjaan tugas-tugas, baik ekspektasi anak terhadap orangtua dan sebaliknya. Orangtua diharapkan pula untuk menyepakati bersama anak durasi setiap pengerjaan, serta durasi penyelesaian keseluruhan LKS. 

Selain itu, orangtua bersama anak diharapkan membuat kesepakatan mengenai pola belajar, misalnya orangtua menjelaskan sebelum anak mengerjakan tugas, anak dapat bertanya selama pengerjaan tugas-tugas, dan lain sebagainya. Hal ini melatih anak untuk belajar menerapkan pengaturan waktu, pengorganisasian kegiatan-kegiatan sehari-hari, dan memahami tata tertib atau aturan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

2.Menyusun Jadwal Bersama 

Selama masa belajar di rumah dan pengerjaan LKS, orang tua dan anak diharapkan menyusun jadwal bersama mengenai hal-hal berikut: 
  • Berapa lama waktu pengerjaan setiap tugas dalam LKS 
  • Kapan belajar di rumah dan pengerjaan LKS dilakukan, atau pada kegiatan ke berapa dalam keseluruhan kegiatan sehari-hari 

Penyusunan jadwal bersama melatih anak keteraturan.

3. Pendidikan yang Inklusif 

Dalam model pembelajaran yang inklusif, kemampuan dan kebutuhan pembelajaran anak merupakan dasar dari pelaksanaan proses pembelajaran, mencakup pemilihan topik belajar, bagaimana proses belajar dilakukan, juga pemilihan media pendukung kegiatan belajar. Model pembelajaran inklusif mengharuskan pembimbing memperhatikan keunikan-keunikan anak, termasuk di bawah ini: 
a. Penglihatan 
b. Pendengaran 
c. Perilaku & emosi 
d. Intelektual 
e. Motorik 
f. Belajar spesifik 

Lembar Kerja Siswa terdiri dari: 

1. Membentuk Kata dari Huruf-huruf

Kegiatan 1: Mencari Kata dengan Huruf Awal b dan d 
Kegiatan 2: Melengkapi Kata dengan Huruf yang Hilang 
Kegiatan 3: Mencari Kata 
Kegiatan 4: Menyusun Huruf Menjadi Kata yang Tepat 
Kegiatan 5: Melengkapi Rangkaian Huruf 
Kegiatan 6: Melingkari Gambar Benda yang Dimulai dengan Huruf b 
Kegiatan 7: Melingkari Huruf m dalam Teks 
Kegiatan 8: Praktik Memahami Petunjuk (Mencuci Tangan yang Benar) 

2. Membentuk Kalimat dari Serangkaian Kata Bermakna

Kegiatan 1: Memilih Kata yang Tepat untuk Menjelaskan Gambar 
Kegiatan 2: Memasangkan Gambar dengan Kata yang Tepat 
Kegiatan 3: Mencari Lawan Kata 
Kegiatan 4: Membaca, Bernyanyi dan Melengkapi Kalimat 
Kegiatan 5: Melengkapi Kalimat dengan Kata yang Tepat 
Kegiatan 6: Menuliskan Kata yang Tepat Sesuai Gambar 

3. Membuat Kalimat Pernyataan

Kegiatan 1: Membaca Paragraf Bersama Orang tua 
Kegiatan 2: Menuliskan dan Menggambar Benda di Sekitar 
Kegiatan 3: Bermain Acak Kata 
Kegiatan 4: Menyusun Kata Menjadi Kalimat Lengkap 
Kegiatan 5: Membuat Kalimat dari Kata yang Disediakan
Kegiatan 6: Mewarnai Gambar dan Menuliskan Kata dari Gambar
Kegiatan 7: Meletakkan Kata yang Tepat pada Bagian Pohon
Kegiatan 8: Berlatih Wawancara

Tujuan LKS 1 adalah melatih dan mengembangkan pemahaman anak bahwa kata adalah gabungan dari huruf-huruf hingga terbentuk kata yang bermakna. Terdapat 8 tugas dalam LKS 1. 

Dari 7 Kegiatan adalah untuk melatih, mengembangkan, dan memperkuat pemahaman dan pengetahuan anak mengenai proses pembentukan kata dari huruf-huruf, dan 1 kegiatan yang bersifat menumbuhkan kesadaran, dalam hal ini kesadaran untuk hidup sehat. Semua kegiatan diharapkan dilakukan bersama dengan orangtua atau anggota keluarga yang lain.

Download juga;

Untuk lebih jelasnya mari kita baca terlebih dahulu pada file review Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal  berikut ini



Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal Download Disini

Demikian ulasan singkat materi LKS Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan.

Terima kasih.




Post a Comment for "Inovasi LKS Kelas 1 SD/MI Literasi Kelas Awal"