Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LKS Paket 3 Kelas 1-6 SD/MI Pembelajaran Dari Rumah

 LKS Paket 3 Kelas 1-6 SD/MI Pembelajaran Dari Rumah

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerintah, termasuk sektor pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020, seluruh sekolah di Indonesia diatur untuk melaksanakan Belajar dari Rumah. Dengan kondisi ini, guru dihadapkan pada tantangan untuk dapat mengelola pembelajaran yang efektif di rumah.
 LKS Paket 3 Kelas 1-6 SD/MI Pembelajaran Dari Rumah
 LKS Paket 3 Kelas 1-6 SD/MI Pembelajaran Dari Rumah
INOVASI berupaya merespon cepat kondisi pendidikan saat ini dengan berkontribusi memberikan dukungan bagi guru dan orangtua dengan anak-anak di sekolah dasar kelas 1 sampai dengan kelas 6. Kontribusi tersebut berupa mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, yang dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah, baik oleh orang dewasa yang masih perlu mendampingi anak, maupun bagi anak yang telah dapat menggunakannya secara mandiri.

Di antara kegiatan pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah Psikoedukasi. Lembar Kerja Siswa (LKS) Psikoedukasi ini disusun untuk memenuhi kebutuhan siswa belajar dari rumah selama pandemi Covid 19. Kegiatan-kegiatan di dalam LKS dirancang untuk bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan bimbingan orang tua atau guru secara minimal. Orangtua atau guru bisa membacakan perintah dalam setiap soal, jika siswa belum memahami perintahnya.
Materi LKS ini berisi tiga belas kegiatan untuk membantu anak mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan yang mencakup aspek pribadi, sosial, dan belajar secara utuh dan optimal.

Dengan terjadinya pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan psikoedukasi lebih diarahkan kepada upaya pendidikan kepada anak agar mampu merespon kondisi yang dihadapi dengan cara menambah pengetahuan tentang pencegahan Covid-19 dan memahami dirinya dan perasaannya, dan membangun rasa positif

Materi pada Lembar Kerja Siswa sebagai berikut:
  1. Kepanjangan Nama
  2. Aku Berarti
  3. Toples Manfaat
  4. Aku Bisa
  5. Teka Teki Kesuksesan
  6. Aku Punya Cita-Cita
  7. Kisah Sang Penemu
  8. Wedang Tolak Angin
  9. Kolase Impian
  10. Si Corona itu!
  11. Para Pahlawan
  12. Kreatif Empatik
  13. Belajar dari Semut

Panduan untuk Guru dan Orang Tua/Wali Siswa

1. Membuat Kesepakatan Bersama Anak

Membuat kesepakatan bersama anak di awal masa belajar di rumah amat penting untuk membangun komitmen dan tanggung jawab anak untuk menjalankan tugasnya dengan sukarela dan sukacita. Kesepakatan bersama ini perlu keterlibatan semua anggota keluarga di rumah. Panduan di bawah bisa digunakan untuk menyusun kesepakatan bersama.
2. Membuat Kesepakatan Bersama Anak
  • Melibatkan Semua Anggota keluarga.
  • Buat kesepakatan secara tertulis.
  • Fokus pada hal penting.
  • Sedikit. List beberapa yang bisa dilakukan anak dengan konsisten.
  • Menggunakan Bahasa positif. Tuliskan apa yang ingin dicapai.
  • Diskusikan bersama konsekuensi, jika kesepakatan tidak dijalankan.
  • Tinjau ulang kesepakatan jika masalah muncul.
 LKS Psikoedukasi Paket 3 Pendukung Pembelajaran Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19



LKS Psikoedukasi Paket 3 Pendukung Pembelajaran Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Download

3. Menyusun Jadwal Bersama 

Jadwal dapat memandu anak untuk menjalankan kegiatan sesuai dengan tujuan dan waktu yang telah ditentukan. Jadwal dapat digunakan untuk menjadi acuan mencapai bersama (terutama orangtua dan anak). Jadwal sebaiknya mencakup paling sedikit 3 hal, kegiatan, waktu, indikator keberhasilan. Berikan waktu istirahat yang cukup atau waktu untuk penyegaran di sela-sela kegiatan utama.

Demikian penjelasan singkat materi  LKS Paket 3 Kelas 1-6 SD/MI Pembelajaran Dari Rumah semoga bermanfaat dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Keterangan khusus:

Sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk mempermudah pencarian materi pada media yang kami kelola ini adalah gunakan fasilitas menu navigasi pada bagian atas artikel atau menggunakan menu label yang telah kami persiapkan di sebelah kanan artikel ini. Atau lanjutkan untuk menyimak berikut ini:

1.Menu Surat Dinas

Pada menu surat Dinas ini merupakan bagian menu untuk pencarian materi yang berhubungan dengan surat menyurat di satuan pendidikan.

2. Administrasi PBM

Menu Administrasi PBM ini kami bagi menjadi, Adm PAUD/TK, Adm SD/MI, Adm SLTP, Adm SLTA

3. Menu Soal

Pada menu soal ini terdiri dari Soal SD/MI, Soal SLTP, Soal SLTA, Soal Lainnya

4. Menu navigasi Buku

Menu ini merupakan menu untuk menemukan materi yang berkaitan dengan buku-buku pelajaran atau buku pengayaan lainnya.

5. Menu Navigasi juknis

Menu juknis ini dikandung maksud sebagai materi pencarian yang berhubungan dengan juknis-juknis.

6. Menu Navigasi Aplikasi

Pada menu navigasi aplikasi ini merupakan lokasi materi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi

7. Menu navigasi download

Pada menu tersebut merupakan bagian menu untuk materi alternatif, artinya barangkali materi yang kami bagikan bukan merupakan materi-materi yang ada pada navigasi-navigasi tersebut di atas.

Terima kasih telah berkunjung semoga anda nyaman, serta dapat mendapatkan materi yang anda inginkan. Baca sampai selesai dan masuk pada kolom komentar, karena di bagian kolom komentar kami gunakan sebagai evaluasi materi dan artikel selanjutnya.


Post a Comment for " LKS Paket 3 Kelas 1-6 SD/MI Pembelajaran Dari Rumah"