Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PermendikbudRistek Nomor 5, 7, 16, 21 Terbit Tahun 2022

PermendikbudRistek Nomor 5, 7, 16, 21 Terbit Tahun 2022

Bapak/ibu khususnya yang bekecimpung pada dunia pendidikan sudah barang tentu tidak asing lagi dengan Permendibudristek yang asal mulanya cukup Permendikbud. Dan berkaitan hal tersebut merupakan sebuah peraturan-peraturan yang terbit dan dipergunakan pada jalur pendidikan di negara kita tercinta ini.

PermendikbudRistek Nomor 5, 7, 16, 21 Terbit Tahun 2022
PermendikbudRistek Nomor 5, 7, 16, 21 Terbit Tahun 2022 )


Adapun untuk saat ini sengaja kami fokus cukup pada beberapa poin yang barangkali memang sangat penting dalam dunia pendidikan khususnya pada satuan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.


Hal tersebut, karena pada Permendikbudristek yang kami bahas pada saat ini bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan secara utuh, dan bahkan merupakan pedoman bagi kegiatan proses belajar mengajar di satuan pendidikan.


Dan pokok pembahasan saat ini adalah sebagai berikut:


1. Permendikbudristek No 5 tahun 2022 Tentang  Standar Kelulusan

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat Kompetensi untuk mencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.


2. Permendikbudristek No 7 tahun 2022 Tentang  Standar Isi

Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.


3. Permendikbudristek No 16 tahun 2022 Tentang  Standar Proses

Standar Proses digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga mampu mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Standar Proses meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran.


4. Permendikbudristek No 21 tahun 2022 Tentang  Standar Penilaian

Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Secara keseluruhan dari keempat Permendikbudristek tersebut di atas langsung dapat didownload dokumen secara lengkap pada tautan berikut ini:


Permendikbudristek No 5 tahun 2022 Tentang  Standar Kelulusan


Permendikbudristek No 7 tahun 2022 Tentang  Standar Isi


Permendikbudristek No 16 tahun 2022 Tentang  Standar Proses


Permendikbudristek No 21 tahun 2022 Tentang  Standar Penilaian


Demikian ulasan materi secara singkat tentang PermendikbudRistek Nomor 5, 7, 16, 21 Terbit Tahun 2022 semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf atas segala penjelasan yang barangkali kurang sesuai , dan sempurna.


Post a Comment for "PermendikbudRistek Nomor 5, 7, 16, 21 Terbit Tahun 2022"