Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 Standar Isi Semua Jenjang Pendidikan

Standar Isi adalah kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Peserta Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. 

Jenjang Pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan Peserta Didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.

Pendidikan Anak Usia Dini yang selanjutnya disingkat PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Pendidikan Dasar adalah jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. 

Pendidikan Menengah adalah lanjutan Pendidikan Dasar. 

Pendidikan Kesetaraan adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum setara SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang mencakup program paket A, paket B, dan paket C. 

Kementerian adalah kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan. 

Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

Standar Isi dikembangkan melalui perumusan ruang lingkup materi yang sesuai dengan kompetensi lulusan ruang lingkup materinya adalah muatan pembelajaran.

Muatan wajib merupakan muatan wajib yang dimuat dalam kurikulum Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang meliputi: 

a. pendidikan agama; 

b. pendidikan Pancasila; 

c. pendidikan kewarganegaraan; 

d. bahasa; 

e. matematika 

f. ilmu pengetahuan alam; 

g. ilmu pengetahuan sosial; 

h. seni dan budaya; 

i. pendidikan jasmani dan olahraga;

j. keterampilan/kejuruan; dan 

k. muatan lokal.

Perumusan ruang lingkup materi pada PAUD, jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah memuat juga ruang lingkup materi program kebutuhan khusus. Ruang lingkup materi yang telah dimuat pada peraturan ini antara lain: 

Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Ruang Lingkup Materi PAUD


Download: Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini


Lampiran II Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Ruang Lingkup Materi Jenjang Pendidikan Dasar


Download: Standar Isi Pada Pendidikan Dasar


Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Ruang Lingkup Materi Jenjang Pendidikan Menengah


Download: Standar Isi Pada Pendidikan Menengah


Materi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah ini diterbitkan pada tanggal 10 Februari 2022.

Semoga dengan kami bagikan materi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah dapat bermanfaat nagi kita yang berprofesi sebagai pendidik. Mohon maaf atas kekurangan kami.

Post a Comment for "Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah"