Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4

Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4

Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4 - Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.
Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4
Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4
Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan taufiq-Nya sehingga Buku Guru Matematika untuk SD/MI Kelas IV dapat kami susun dengan baik. Tujuan disusunnya buku guru ini adalah untuk membantu guru agar dapat memfasilitasi siswa belajar dan memahami materi matematika sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum 2013 yang direvisi.

Pendekatan yang digunakan menggunakan adalah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk membantu siswa dalam melakukan aktivitas ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.

Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan literasinya, pemahaman, keterampilan, serta aspek sikap yang baik. Tentu, kemampuan mengkoneksikan apa yang dipelajari dengan lingkungan sekitarnya menjadi perhatian yang tak terabaikan.

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku ini adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Siswa juga didorong untuk dapat membuat kaitan-kaitan penting antar sub materi, dan antar materi dengan alam sekitar anak. Literasi dan koneksi siswa dinilai dengan menggunakan authentic assessment. Di akhir setiap bab, kami sajikan project based learning.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang membantu terselesaikannya buku guru ini. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam buku guru ini, oleh karena itu saran dan kritik membangun selalu kami harapkan. Semoga buku guru ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi yang memerlukannya.

Buku guru terdiri dari 2 bagian. Bagian I, berisi tentang Buku Petunjuk Umum, sedangkan Bagian II berisi tentang Buku Petunjuk Khusus. Pada buku Petunjuk Umum, terdiri atas: pendahuluan, cakupan dan ruang lingkup, strategi pembelajaran, Media, dan penilaian. Pada Buku Petunjuk Khusus pada setiap bab terdiri atas: pengantar bab, pemerolehan konsep, meliputi ayo mengamati, ayo menanya, ayo menalar, ayo mencoba, ayo merangkum, ayo mengkomunikasikan, dan tugas proyek. Pada akhir bab disajikan Latihan.
Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru Kelas 4
Download: Buku Guru Matematika K13 Kelas 4.pdf 
Buku matematika yang kami sajikan saat ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Perlu dipahami, bahwa buku merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemendikbud.go.id atau melalui email [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Adik-adik generasi emas, kami bersyukur kepada Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan taufiq-Nya sehingga Buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV dapat kami hadirkan dihadapan adik-adik sekalian. Buku ini merupakan bagian dari serangkaian Buku Siswa untuk SD/MI Kelas IV, V, dan VI. Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk membantu adikadik sekalian untuk dapat belajar dan memahami matematika.

Dalam buku ini, disajikan tahapan pembelajaran 5 M, yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk membantu adik-adik dalam melakukan aktivitas ilmiah, berbasis berfikir tingkat tinggi. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan adikadik dapat meningkatkan kemampuan literasi, dan juga kemampuan mengkoneksikan apa yang dipelajari dengan lingkungan sekitarnya.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang membantu terselesaikannya buku ini. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam buku siswa ini, oleh karena itu saran dan kritik membangun selalu kami harapkan. Semoga buku siswa ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi yang memerlukannya.

Pendekatan yang digunakan menggunakan adalah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk membantu siswa dalam melakukan aktivitas ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.
Baca juga: RPP Matematika K13 Kelas 4 Semester 1
Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan literasinya, pemahaman, keterampilan, serta aspek sikap yang baik. Tentu, kemampuan mengkoneksikan apa yang dipelajari dengan lingkungan sekitarnya menjadi perhatian yang tak terabaikan.

Materi yang terdapat pada buku Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2018 ini adalah:

Pecahan
A. Bilangan Pecahan
B. Bentuk Pecahan
C. Taksiran
D. Aplikasi Pecahan

KPK dan FPB
A. Faktor dan Kelipatan Bilangan
B. Faktorisasi Prima
C. Menentukan KPK dan FPB
D. Penerapan KPK dan FPB

Aproksimasi
A. Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat ke Satuan Terdekat
B. Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat ke Puluhan Terdekat
C. Pembulatan Hasil Pengurangan Panjang dan Berat ke Ratusan Terdekat

Bangun Datar
A. Bangun Segibanyak
B. Keliling Bangun Datar
C. Luas Bangun Datar

Statistika
A. Membaca dan Menafsirkan Data
B. Penyajian Data dalam Diagram Batang
Pengukuran Sudut
A. Pengukuran Sudut dalam Satuan Baku dengan Busur Derajat
B. Pengukuran Sudut Bangun Datar dengan Busur Derajat

Beberapa aspek penting yang disampaikan oleh guru adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Siswa juga didorong untuk dapat membuat kaitan-kaitan penting antar sub materi, dan antar materi dengan alam sekitar anak. Literasi dan koneksi siswa dinilai dengan menggunakan authentic assessment. Di akhir setiap bab, disajikan project based learning.
Buku Matematika K13 Revisi 2018 Siswa Kelas 4
Demikian ulasan singkat materi Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4 semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Buku Matematika K13 Revisi 2018 Guru dan Siswa Kelas 4"