Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI

Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI

Asesmen-penilaian merupakan kegiatan proses serta hasil belajar dan kegiatan pembelajaran yang tidak terlepaskan dari sebuah perencanaan.

Sedangkan penyusunan rencana penilaian juga merupakan rangkaian program pendidikan serta pembelajaran yang utuh serta satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.
Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI
Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI
Rencana penilaian disusun secara maksimal juga merupakan sebuah rangkaian program yang akan menjadi referensi seorang pendidik dalam menyelenggarakan proses pembelajaran sampai dengan tahapan penilaian serta keseluruhan proses pembelajarannya.

Sudah barang tentu di dalam merencanakan penilaian tersebut yang paling perlu dipahami pendidik adalah, bahwa pembelajaran yang mendidik akan mengandung dua kunci utama; yaitu pembelajaran dan mendidik.

Karena apabila dilihat dari segi makna kata pembelajaran akan mengandung makna konotasi aktif, hal itu disebabkan peserta didik akan aktif melakukan kegiatan belajar dalam situasi pembelajaran yang telah dirancang oleh pendidik tersebut.

Sedangkan unsur kata mendidik akan mengandung makna konotasi sebuah proses yang menjadikan seseorang secara komprehensif, pedagogik (akademik), secara personal (kepribadian), profesional, serta secara sosial.

Sehingga dalam hal modul asesmen diagnosis di awal pembelajaran yang kami bagikan saat ini telah mengandung beberapa kelengkapan, karena materi ini merupakan awal dalam pembelajaran yang perlu ditata untuk keberhasilan peserta didik dalam menerima pelajaran, pembelajaran serta menguasai kompetensi dasar.

Pada kelengkapan modul ini adalah telah dipersiapkan:

A. Kisi-kisi Soal Asesmen Awal Pembelajaran
B. Soal Asesmen Awal Pembelajaran
C. Kemungkinan Jawaban Asesmen Awalelajaran
D. Kunci Jawaban Asesmen Awal Pembelajaran
E. Pedoman Penskoran Asesmen Awal
F. Interpretasi dan Tindak Lanjut Asesmen Awal

Masing-masing materi tersebut di atas saling berkaitan, sehingga diharapkan setelah pendidik dan peserta didik berkolaborasi dalam pembelajaran akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu pula setelah memahami modul ini proses pembelajaran jarak jauh dapat terarah, terukur sesuai kompetensi yang diharapkan.

Karena Asesmen atau disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara atau alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang keberhasilan belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik.

Dan setelah hasil telah diketahui, maka seorang pendidik akan melakukan review/tindak lanjut keberhasilan penilaian tersebut dengan melakukan perbaikan dan pengayaan.

Rangkaian selanjutnya dalam hasil penilaian yang dimasudkan adalah menganalisa sejumlah fakta atau kenyataan hasil unjuk kerja peserta didik dalam penguasaan kompetensi yang diharapkan.

Fakta integritas hasil unjuk kerja yang didapat akan diolah, dianalisa, diinterprestasi, serta akan dapat disimpulkan yang kemudian dijabarkan ke dalam kompetensi yang diharapkan.

Jabaran hasil tersebut akhirnya pada kenyataannya diharapkan menjadi dasar minimal ke dalam sejumlah sub-kompetensi (indikator-indikator) dan diskriptor tertentu. Dalam pengumpulan fakta bukti unjuk kerja hasil penilaian yang telah selesai disimpulkan tersebut kemudian akan dijabarkan ke dalam kompetensi yang diharapkan atau tujuan utama pembelajaran.

Asesmen Suatu penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang mana hasil keputusannya dapat digunakan untuk layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran berikutnya.

Download Madul-Modul Yang Lainnya:
Tujuan utama kegiatan asesmen adalah untuk melihat kondisi peserta didik pada saat itu juga. Dan dalam rangka menyusun suatu program pembelajaran yang tepat sehingga dapat melakukan layanan pembelajaran secara tepat pula.

Selain itu pula Asesmen dilakukan untuk mengetahui keadaan peserta didik pada saat tertentu (Waktu dilakukan assessment) baik potensi maupun kelemahan yang dimiliki peserta didik sebagai bahan untuk menyusun suatu program pembelajaran sehingga dapat melakukan layanan / intervensi secara tepat.

Modul Asesmen Diagnosis Bahasa Indonesia SD Kelas 3

 

Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI DOWNLOAD
Demikian ulasan singkat materi Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI semoga akan menambah wawasan serta penambah referensi bagi rekan-rekan pendidik semuanya.

Mohon maaf apabila terdapat susunan serta rangkaian kata yang kurang berkenan, sertakan komentar sesuai topik pembahasan apabila kebetulan anda berkenan mengoreksi, karena dengan adanya koreksi, kritik, saran, serta masukan itu akan menumbuh kembangkan kami secara pribadi maupun secara umum menembah ilmu pengetahuan kami.

Terima kasih atas kunjungannya.


Post a Comment for "Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI"