Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Stopmap Akreditasi Tahun 2022

Aplikasi Stopmap Akreditasi Tahun 2022

Dalam pelaksanaan visitasi/akreditasi sekolah/madrasah pihak sekolah diharapkan telah mempersiapkan berbagai berkas penilaian seperti administrasi sekolah, administrasi guru serta sarana prasarana sekolah, atau secara rinci mempersiapkan berkas-berkas yang dipersiapkan sehingga pada saat pelaksanaan penilaian akreditasi sekolah mendapatkan nilai yang sesuai dengan harapan. Salah satu syarat yang paling penting dan utama adalah sekolah mempersiapkan cover untuk berkas - berkas penilaian.

Aplikasi Stopmap Akreditasi Tahun 2022

Cover tersebut dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pengumpulan berbagai data, sehingga secara mudah dalam melengkapi data/berkasnya kita tidak usah mencari ke sana-sini hanya melihat cover tersebut, maka kekurangan dan kelengkapannya telah dapat dideteksi.

Fungsi cover/Map Akreditasi

Salah satu fungsi cover/map akreditasi adalah untuk mempermudah asesor dan pihak terkait dalam mempersiapkan dan mempermudah dalam menyodorkan bukti fisik, sehingga isi dari cover/map akreditasi adalah uraian dan bila dimungkinkan diisi bukti fisik akreditasi (keterangan isi).

Adapun perangkat Akreditasi Sekolah Madrasah S/M oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah tahun ini setiap satuan pendidikan telah memulai berbenah diri semua dokumen/bukti fisik yang akan diperlukan. Dari sekian dokumen yang termuat dalam 8 Standar Kompetensi akan disusun ke dalam map yang sudah tersedia, tetapi untuk memulai itu alangkah baiknya sebagai langkah awal untuk menyediakan map yang sudah tersusun menurut nomor urut yang sudah ditentukan oleh BSNP. Seperti halnya pada kesempatan ini kami bagikan Cover atau Sampul yang ditempel pada Map sesuai urutannya mulai nomor urut 1 sampai dengan 119, yang artinya sekolah perlu mempersiapkan stopmap sejumlah 119 buah.

Ini merupakan awal dari pemberkasan perangkat akreditasi yang akan tersusun dengan rapi, karena semua dokumen instrumen yang ada sesuai di masuka pada map yang sudah tersedia, sesuia dengan 8 standar kompetensi dari BSNP. 

Apa saja 8 standar kompetensi sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan tersebut ?

Yang termasuk 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu diantaranya adalah 

  1. Standar Isi terdapat 10 komponen memerlukan 10 stopmap
  2. Standar Proses; 21 komponen memrlukan 10 stopmap
  3. Standar Kompetensi Lulusan; 7 komponen memrlukan 10 stopmap
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; 16 komponen memrlukan 10 stopmap
  5. Standar Sarana dan Prasarana; 21 komponen memrlukan 10 stopmap
  6. Standar Pengelolaan; 15 komponen memrlukan 10 stopmap
  7. Standar Pembiayaan; 16 komponen memrlukan 10 stopmap
  8. Standar Penilaian Pendidikan; 13 komponen memrlukan 10 stopmap

Barangkali ada beberapa pertanyaan di mana terdapat jumlah komponen, namun tidak sama dengan jumlah stopmap yanbg dipersiapkan. Hal ini disebabkan karena isi bukti juga terdapat pada stopmap yang sebelumnya.

Dari keseluruhan tersebut merupakan isi atau cerminan dari sebuah lembaga pendidikan dan setelah semua sekolah mengisi instrumen akreditasi secara lengkap.

Jawaban dan data/dokumen pendukung yang diberikan berikan akan diklarifikasi, diverifikasi, dan divalidasi oleh Tim Assesor yang akan melakukan visitasi ke sekolah/madrasah.

Kami menyajikannya dalam sebuah map cover label yang dilekat atau ditempel pada setiap bok atau map dengan jumlah seluruhnya yaitu 119 buah map.

Untuk memudahkan Bapak/Ibu dan pemangku kepentingan dalam mempersiapkan akreditasi khususnya Sekolah Dasar telah kami buat secara mandiri yang akhirnya saat ini kami bagikan kepada semua yang memerlukannya. Berikut link download yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan file/dokumennya.

Download Aplikasi Stopmap Akreditasi Tahun 2022

Demikian ulasan singkat materi Aplikasi Stopmap Akreditasi Tahun 2022 semoga bermanfaat.

Materi terkait lainnya:

👉Pengajuan Ulang Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022

👉POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022

👉Pedoman Akreditasi Tahun 2022

👉Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022

👉Isian Data Kelengkapan Akreditasi Tahun 2022

👉Permendikbudristek No 5 Tahun 2022 tentang SKL Satuan Pendidikan

👉Permendikbudristek No 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi

👉Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses

👉Permendikbudriatek No 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian


Sumber materi utama: https://fileledukasi.blogspot.com/

Post a Comment for "Aplikasi Stopmap Akreditasi Tahun 2022"

close