Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instrumen Akreditasi SD-MI Tahun 2022

Instrumen Akreditasi SD-MI Tahun 2022

Instrumen Akreditasi tahun 2022 ini terdapat pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 209/P/2021 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Instrumen Akreditasi SD-MI Tahun 2022

Sebagaimana yang kita ketahui selama ini akreditasi dilakukan oleh suatu badan akreditasi independen di luar institusi tersebut. Kemudian hasilnya berupa pengakuan bahwa institusi atau lembaga yang dinilai tersebut telah memenuhi sekaligus sesuai dengan standar mutu yang sudah ditetapkan.


Dalam hal ini Akreditasi sebuah institusi dilaksanakan oleh BAN SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madarasah. Lalu dari hasil akreditasi tersebut sebuah sekolah telah dianggap layak untuk beroperasi serta melaksanakan seluruh program-programnya.


Jadi akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian layak atau tidaknya sebuah institusi yang dilakukan secara berkesinambungan. Hal ini juga mengandung makna bahwa akreditasi juga sebagai proses evaluasi dan penilaian terhadap mutu serta kualitas yang dimiliki oleh penyelenggara pendidikan tersebut.


Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2022 menggunakan IASP 2020 yang telah disempurnakan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada tahun 2019, BAN-S/M telah menetapkan kebijakan prioritas untuk menyusun Instrumen Akreditasi yang baru, atau disebut Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP-2020).


Penyusunan Instrumen Akreditasi baru merupakan sebuah kebutuhan mendesak mengingat dinamika pendidikan telah banyak mengalami perubahan. Di samping itu, perlunya penyusunan instrumen baru ini karena BAN-S/M akan menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari penilaian berbasis administrasi (compliance) menuju penilaian berbasis kinerja (perfor mance based) atau dari rules to principles .


Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini memang diperlukan sebagai bagian yang penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continuous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.


IASP-2020 dikembangkan dengan menitikberatkan penilaian pada 4 (empat) komponen penilaiann yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Sekolah/Madrasah dan mencakup jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB.


Pengembangan IASP -2020 sendiri memakan waktu selama 2 (dua) tahun ini telah dilakukan mengacu pada banyak hasil penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional terkait sekolah/madrasah efektif, akreditasi, dan riset-riset terkait penjaminan mutu pendidikan.


Dalam penyusunannya, IASP-2020 juga dirancang dengan melibatkan banyak pakar dari berbagai lata rbelakang (termasuk pakar dari luar negeri), praktisi pendidikan, BAN -S/M Provinsi dan asesor yang selama ini konsen dengan program akreditasi sekolah/madrasah.


IASP-2020 telah diujicoba selama dua kali, ujicoba pada tahun 2019 dilaksanakan di 4 provinsi yakni Sumatera Barat, Jawa Barat, DIY dan Sulawesi Selatan, dan Ujicoba yang kedua dilaksanakan di 34 provinsi yang melibatkan 561 sekolah/madrasah sebagai sasaran uji coba pada tanggal 28 September sampai 3 Oktober 2020.


Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2022 semula berdasarkan Keputusan Menteri ini, maka Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1005/P/2020 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Download Juga: POS Akreditasi Tahun 2022

Namun saat ini sudah diubah atau disempurnakan dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 109/P/2021 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Download Juga: Pedoman Khusus Akreditasi Tahun 2022

Sebagai tambahan informasi berikut adalah interval nilai akreditasi sekolah antara lain :

1. Akreditasi A (Unggul) bagi sekolah dan madrasah yang memiliki nilai sebesar 91 sampai 100

2. Akreditasi B (Baik) bagi sekolah dan madrasah yang memiliki nilai sebesar 81 sampai 90.

3. Akreditasi C (Cukup Baik) bagi sekolah dan madrasah yang memiliki nilai sebesar 71 sampai 80


Kriteria Butir Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2022


Kemudian kriteria butir pernyataan instrumen akreditasi adalah sebagai berikut.

1. Terukur.

2. Jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda).

3. Sesuai aspek masing-masing standar.

4. Masing-masing pernyataan hanya mengukur satu aspek.

5. Masing-masing butir instrumen tidak saling bertentangan dan meniadakan butir yang lain.


Dan untuk menyusun Instrumen Akreditasi Tahun 2022 telah kami persiapkan format dalam bentuk excel, sehingga akan lebih memudahkan bagi sekolah dalam menyusun instrumen Akreditasinya. Dan berikut daftar Instrumen Akreditasi yang dapat dipergunakannya:

1. Intrumen Akreditasi Download

2. Instrumen Pengumpulan Data Akreditasi Download

3. Skoring Nilai Akreditasi Download

4. Data Pendukung Akreditasi Download

5. Data Sarana dan Prasarana Download

6. Instrumen Akreditasi 2022 PDF Download

Demikian penjelasan singkat materi Instrumen Akreditasi SD-MI Tahun 2022 semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Instrumen Akreditasi SD-MI Tahun 2022"

close