Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Revisi Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2021

Revisi Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2021

Saya ucapkan selamat, sejauh ini kamu telah kelas 6 yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Sekolah. Dalam waktu yang singkat ini, kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar sukses mengerjakan soal-soal US/M. 

Revisi Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2021

Banyak siswa sepertimu mempersiapkan diri menghadapi US/M dengan cara berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Cara ini sangat bagus. Akan tetapi, lebih bagus lagi jika soal-soal tersebut menyerupai soal-soal US/M.

Karakteristik Soal Ujian Sekolah

Meskipun sangat rahasia, soal-soal US/M dapat dikenali karakteristiknya. Berikut ini beberapa karakteristik soal US/M dan cara menghadapinya.

• Soal Kelihatan Mudah

Dalam US/M nanti kamu akan menjumpai soal yang kelihatannya sangat mudah. Hati-hati! Soal semacam ini biasanya mengandung jebakan. Oleh karena itu, kamu harus mencermati soal tersebut dengan seksama, jangan sampai terjebak.

• Soal Memerlukan Kejelian

Beberapa soal US/M berupa gambar, grafik, bagan, atau tabel. Soal semacam ini harus dikerjakan melalui proses analisis. Nah, untuk menghadapi soal ini kamu harus jeli. Banyaklah berlatih soal-soal tipe seperti ini untuk melatih kejelianmu.

• Soal Berupa Teks Bacaan

Soal seperti ini menuntutmu untuk memahami teks sebelum menjawab. Untuk menghadapi soal ini, kamu harus berlatih memahami suatu bacaan.

• Soal dengan Pilihan Jawaban Lebih dari Satu

Ini soal yang cukup sulit. Untuk menjawab soal semacam ini, kamu harus berhati-hati. Jangan terburu-buru dalam memilih jawaban. Bacalah semua pilihan jawaban sebelum menentukan jawaban yang paling benar.

• Soal dengan Opsi Pilihan yang Sepintas Seperti Benar Semua

Soal-soal US/M bukan sembarang soal. Beberapa soal US/M menyajikan pilihan jawaban yang sepertinya benar semua, padahal tidak. Soal tersebut sengaja dibuat untuk menguji apakah kamu benar-benar menguasai materi atau tidak. Saat menghadapi soal semacam ini, kamu harus berhati-hati. Jika perlu, bacalah soal tersebut berulang-ulang hingga kamu menemukan jawaban terbaik. Itulah beberapa karakter soal-soal US/M.

Kisi-kisi merupakan sebuah format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu alat penilaian. Dalam ujian sekolah, maka kisi-kisi ujian sekolah merupakan suatu pedoman bagi yang menulis naskah ujian sekolah untuk membuat naskah ujian sekolah.

Nah, biasanya kisi-kisi Ujian Sekolah ini ditentukan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BSNP, tapi dikarenakan tahun pelajaran 2020/2021 negara Indonesia masih dalam keadaan pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk diadakan tatap muka, dan diberlakukannya penghapusan Ujian Nasional, maka kemungkinan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) tidak merilis kisi-kisi US Tahun 2021 maupun POS US Tahun 2021.

Download: Kisi-Kisi US Agama Buddha 2021

Download: Kisi-Kisi US Agama Islam 2021

Download: Kisi-Kisi US Agama Katolik 2021

Download: Kisi-Kisi US Agama Kristen 2021

Download: Kisi-Kisi US Bhs. Indonesia 2021

Download: Kisi-Kisi US Matematika 2021

Download: Kisi-Kisi US Mulok Bhs. Jawa 2021

Download: Kisi-Kisi US-IPA 2021

Download: Kisi-Kisi US-IPS 2021

Download: Kisi-Kisi US-PPKn 2021

Meskipun Ujian Nasional telah dihapuskan, tapi kelulusan siswa nanti tetap menggunakan nilai. Karena itu pelaksanaan ujian diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan.

Untuk mempermudah rekan-rekan menyusun Soal Ujian yang nantinya disusun oleh Satuan Pendidikan, maka pada kesempatan kali ini saya bagikan Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021.


Download materi Lainnya:

Aplikasi Cetak Keterangan Kelulusan Dan SKHUS SD-MI Tahun 2021

Pengesahan Legalisir Sesuai Permendikbud Nomor 11 dan 29 Tahun 2014

Contoh SK Ujian Sekolah (US) SD SMP SMA SMK Tahun 2021

Aplikasi SKHUS SMP,SMA,SMK Tahun Pelajaran 2020/2021

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020-2021


Demikian penjelasan singkat materi Revisi Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2021 semoga bermanfaat, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.


Post a Comment for "Revisi Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2021"