Cetak Keterangan Kelulusan Dan SKHUS SD-MI Tahun 2021

Cetak Keterangan Kelulusan Dan SKHUS SD-MI Tahun 2021

SKHUS adalah Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara. kalau dari segi isi tidak ada bedanya, tetapi bisa dilihat dari kop surat yang mengeluarkannya dengan penjelasan jadi SKHUS itu di terbitkan oleh pihak sekolah yang nantinya dipergunakan untuk pendaftaran siswa baru pada jenjang sekolah kelanjutannya.

Cetak Keterangan Kelulusan Dan SKHUS SD-MI Tahun 2021

Peserta didik dinyatakan dan atau dapat menerima SKHUS setelah dinyatakan lulus dari sebuah satuan pendidikan, dan pada kesempatan lain peserta didik yang dinyatakan lulus tersebut akan memperoleh Ijazah (STTB) waktu dahulu.

Dan apabila ijazah belum dapat diterbitkan oleh satuan pendidikan, maka SKHUS dapat dipergunakan sebagai pengganti ijazah.


Perbedaan SKHUN dan SKHUS

SKHUN merupakan kepanjangan dari SURAT KETERANGAN HASIL UJIAN NASIONAL. SKHUS adalah kepanjangan dari SURAT KETERANGAN HASIL UJIAN SEMENTARA. Perbedaannya adalah SKHUS dikeluarkan lebih dahulu jika SKHUN belum selesai diproses oleh pihak sekolah dan pendaftaran sekolah baru telah dimulai.

Perbedaan lainnya adalah SKHUS diterbitkan oleh pihak sekolah, sedangkan SKHUN diterbitkan oleh dinas pendidikan. Tujuan dari SKHUS/SKHUN adalah untuk menyatakan kelulusan siswa dan pemberitahuan nilai UN yang telah dicapai.

SKHUS dikeluarkan terlebih dahulu karena siswa membutuhkannya untuk pendaftaran sekolah baru (biasanya sekolah swasta memulai pendaftaran terlebih dahulu) tetapi SKHUN belum dibagikan oleh pihak sekolah.

Format pada SKHUS sama seperti format SKHUN tetapi bentuknya hanya selembar kertas yang dicetak oleh pihak sekolah. SKHUN yang asli kelak akan dikumpulkan ketika daftar ulang, beserta fotokopi ijazah.


Download juga:

Aplikasi SKHUS SMP,SMA,SMK Tahun Pelajaran 2020/2021

Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021

Dalam hal penyampaian keterangan/penjelasan kelulusan sebuah satuan pendidikan dapat dilaksanakan berbagai cara atau metode; misalnya dengan membagikan selebaran surat keterangan yang telah dicetak oleh satuan pendidikan dan dimasukkan ke dalam amplop dan nantinya dibuka oleh orang tua bahkan siswa itu sendiri.

Penyampaian keterangan kelulusan juga dapat disampaikan secara kolektif dan dipajangkan pada tempat-tempat tertentu yang dianggap strategis, sehingga akan mudah dilihat dan dibaca oleh orang lain, khususnya yang membutuhkan.

Biasanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh satuan pendidikan pada khususnya dalam menyampaikan pengumuman kelulusan disampaikan melalui mengundang orang tua/wali untuk menerima keterangan kelulusan putra/putrinya. Hal ini sering dilakukan oleh satuan pendidikan mulai dari jenjang SMP/MTs sampai dengan SLTA.

Namun pada satuan pendidikan sekolah dasar penyampaian keterangan kelulusan cukup disampaikan kepada siswa langsung.

Untuk mempermudah, mempercepat, dan mengakuratkan data, maka pada kesempatan yang baik ini telah kami persiapkan sebuah aplikasi yang cukup sederhana namun maksimal dan mudah penggunaannya.


Aplikasi Cetak nilai Ijazah SD/MI tahun 2021

Aplikasi Cetak Surat Keterangan Kelulusan Tahun 2021


Demikian ulasan singkat materi Cetak Keterangan Kelulusan Dan SKHUS SD-MI Tahun 2021 semoga akan selalu membawa berkah. Terima kasih kami ucapkan bagi pengunjung yang selalu setia untuk berkunjung dan mendapatkan berbagai kebutuhan khususnya dalam dunia pendidikan.

Mohon maaf atas segala kekurangan, apabila terdapat kekurangan dapat langsung berkomentar ditulis pada kotak komentar yang telah saya sediakan berikut, dan apabila materi-materi yang kami sajikan pada media ini bermanfaat silakan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan dengan melalui media sosial yang anda gunakan atau cara praktis yang dapat anda lakukan.

Post a Comment for "Cetak Keterangan Kelulusan Dan SKHUS SD-MI Tahun 2021"