Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021

 Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021

Selamat pagi, siang, sore dan selamat malam senantiasa saya ucapkan, dengan harapan bapak/ibu selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh berkaitan dengan pokok materi Aplikasi LPJ BOS Reguler Tahun 2021 Revisi Terbaru yang saya kembangkan ini, baiklah diri saya secara pribadi bekerja di SD Negeri 3 Asemrudung Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Secara geografis sekolah kami berada di lingkungan pedesaan yang sangat pelosok, karena dikelilingi hutan belantara.


Bapak/ibu serta saudara-saudaraku yang berbahagia, menyusun laporan pertanggungjawaban merupakan pekerjaan wajib yang harus dikerjakan tanpa adanya syarat memperoleh honor atau tidak, apalagi dalam Juknis BOS Tahun 2021 pengelola keuangan sekolah memang belum dimunculkan anggarannya.


Sehingga dalam mengelola pelaporan khususnya yang berhubungan dengan keuangan saya selalu menggunakan office excel, karena sangat mudah dipergunakan dalam hitung menghitung dengan berbagai kombinasi rumus logika.


Hal tersebut dikarenakan fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
  • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  • Melakukan analisa serta riset harga.
  • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Melakukan konversi mata uang.
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian, dsb.


Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021 ini dapat dipergunakan mulai jenjang SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK, karena telah saya setting sedemikian mudahnya. Pada prinsipnya dalam menyusun Laporan pertanggungjawaban BOS adalah sama mulai jenjang  SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK . Adapun fitur-fitur Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021 sebagai berikut:


1. Sheet HOME


Fungsi sheet ini adalah untuk memperjelas jenis sheet yang akan dikerjakan, selain untuk mempercantik dan memperjelas aplikasi.

 

2. Sheet Menu Data Utama


Pada sheet Menu Data Utama ini kami harapkan cukup mengisi berbagai isian data yang diperlukan dalam menyusun laporan BOS, sehingga untuk memudahkan pengisiannya cukup diisi bagian baris (row) yang berwarna putih saja. Dan gunakan format yang sesuai dengan format yang telah kami tuliskan sebagai contohnya.


3. Sheet cover


Pada sheet cover ini tidak usah diisi, karena isinya telah terisi secara otomatis dari pengisian pada sheet isian data utama tersebut.


4. Sheet Lembar Pengesahan laporan


Sheet lembar pengesahan merupakan lembaran pengesahan yang dalam hal ini pelaporan disahkan oleh pejabat setingkat kecamatan (Koordinator) Wilayah Kecamatan, atau yang setingkat.


5. Sheet tambahan alternatif yaitu sheet RKAS.


Pada sheet RKAS ini merupakan sebuah sheet tambahan, karena apabila aplikasi ini dipergunakan di lain daerah asal kami bertugas sudah dipastikan akan jauh berbeda, karena beda wilayah, namun minimal dapat dipergunakan sebagai acuan menyusun pelaporannya (Contoh).


6. Sheet Pembukuan Kas Umum (BKU)


Fitur pada sheet BKU ini merupakan kunci pengisian yang diperlukan ketelitian, karena telah kami beri kolom bantu yang wajib diisi dengan tujuan kolom bantuan tersebut merupakan bantuan untuk memasukkan data di semua sheet yang diperlukan, kode yang perlu diisi adalah:

BT artinya (Buku Kas Tunai)

BB artinya (Buku Kas Bank)

BP artinya (Buku Kas pajak)


Pada saat mengisi BKU jangan dipaksa untuk mengisi baris yang saya kunci, karena demi keamanan file/data. Dan setelah selesai mengisi mohon baris yang kosong cukup disembunyikan dengan cara (hide). 


Pada pemilihan kode yang akan dimasukkan pada kolom “Kode” ambilkan saja dari sheet “K7” cukup kodenya saja, dan untuk kolom kode rekening diambilkan dari sheet kode rekening.


7. Sheet Pembukuan Kas Tunai


Ingat dari awal telah saya jelaskan bahwa aplikasi ini saya buat secara sederhana, namun harapan saya juga dapat bekerja secara maksimal, sehingga sheet Buku Kas Tunai tidak usah diisi. (cukup di hide) baris yang tidak ada isiannya.


8. Sheet Pembukuan Kas Bank


Ingat dari awal telah saya jelaskan bahwa aplikasi ini saya buat secara sederhana, namun harapan saya juga dapat bekerja secara maksimal, sehingga sheet Buku Kas Bank tidak usah diisi. Baris yang tidak ada uraiannya secara otomatis akan kosong dengan sendirinya (Kata Kuncinya pada sheet BKU).


9. Sheet Pembukuan Kas Pajak


Pengisian pada sheet Buku Kas Pajak ini hanya pada kolom PPN, Pajak Ps 21, Pajak Ps 22, Pajak Ps 23, dengan cara ketik sama dengan ( contohnya =BKU!J32) masuk ke sheet BKU sesuai jenis nominal pajak yang dipungut.


10. Sheet Format BOS K7


Sheet Format BOS K7 ini merupakan mengacu pada peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan, namun tidak usah diisi data isian bersumber dari buku kas tunai.


11. Sheet Format BOS K7a


Pada sheet K7a sama sekali tidak memerlukan sentuhan pengisian, karena data isiannya berasal dari sheet Format BOS K7.


12. Sheet Format BOS K7b


Sheet K7b mohon untuk diabaikan saja karena sudah terisi secara otomatis, kecuali pada perbedaan saldo cukup disembunyikan baris yang tidak diperlukan. (lihat vidio tutorial yang akan kami rilis berikutnya).


13. Sheet Format BOS K7c


Demi kelancarang isi sheet K7c mohon untuk diabaikan saja karena sudah terisi secara otomatis.


14. Sheet Kode Rekening Belanja


Kode rekening dapat dikatakan penting juga tidak, karena kode ini nantinya akan dipakai oleh petugas pencatat barang/asset lancar oleh operator asset sekolah.


15. Sheet data kuitansi


Pada sheet ini merupakan data yang masuk dari sheet Buku Kas Tunai, namun yang perlu diisi secara manual adalah nama penjual dan alamat toko, serta nama penerima/yang belanja.


16. Sheet Cetak Kuitansi


Kegiatan yang terakhir dalam menyusun laporan ini adalah mencetak kuitansi, dan perlu diingat dalam mencetak kuitansi ini yang diperlukan adalah buku kuitansi yang kita beli dari toko, sehingga buku kuitansi kita sobek dan dimasukkan pada mesin printer. Ingat “Buku Kuitansi”.

Download: Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021

Bagi yang membutuhkan khusus format kuitansinya sesuai selera biasanya (Jenjang SMP/SMA/SMK yang sederajad) Download Di sini

Demikian dan harapan saya selaku yang membuat aplikasi ini semoga bermanfaat, dan apabila file/dokumen ini dishare ulang pada media sosial mohon dengan hormat cantumkan sumber utamanya https://www.mayfileku.com


Apabila masih terdapat sesuatu hal yang dirasa kurang jelas dapat ditanyakan melalui kotak komentar atau media sosial lainnya.


Download materi terkait lainnya:

Aneka Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah Terkini

SK TIM BOS Reguler Tahun 2021 Terkini

Aplikasi KKM Khusus Sekolah Madarasah Terbaru

KKM K-2013 SD/MI Lengkap Surat Keputusannya Terbaru


Pembuat Aplikasi: Haryono (SD Negeri 3 Asemrudung)


1 comment for "Aplikasi LPJ BOS Revisi Tahun 2021"