Produk Pengetahuan Bacaan Perpustakaan

 Modul Produk Pengetahuan Bacaan Perpustakaan

Perpustakaan, baik yang konvensional maupun digital, didirikan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi penggunanya.  Keterkaitan antara informasi dalam bahan pustaka yang tersedia dengan informasi yang diperlukan memiliki peranan yang sangat vital. Semakin tinggi tingkat pemenuhan kebutuhan tersebut, semakin tinggi pula nilai guna atau manfaat sebuah perpustakaan.

Produk Pengetahuan Bacaan Perpustakaan

Perkembangan teknologi dan kebudayaan pada saat ini menuntut  adanya usaha pengembangan perpustakaan, baik itu dari segi muatan isi maupun pilihan media. Penyesuaian dari segi muatan isi berada dalam ketegangan pilihan antara mengeksplorasi perkembangan mutakhir dan kebutuhan mengaktualkan kekayaan tradisi yang ada dan hidup di masyarakat agar tidak punah.  Ketegangan lainnya yaitu antara peranan perpustakaan untuk mendorong peningkatan ekonomi rakyat dan kepentingan untuk memelihara keseimbangan alam.


Pilihan media baca dan sumbernya sangat banyak, seiring dengan kemajuan teknologi digital yang terjadi. Namun, penggunaan teknologi mutakhir memerlukan perhitungan anggaran yang cermat karena harus mengalokasikan dana untuk infrastruktur pendukung dan kemampuan sumber daya manusia pengelolanya.


Jenis informasi yang diperlukan masyarakat sangat beraneka ragam. Relevansi sebuah informasi bagi seseorang sangat dipengaruhi oleh keadaan aktual pada dirinya.  Selain untuk memenuhi rasa ingin tahu, informasi yang dikonsumsi oleh seseorang  bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupannya, terutama yang bersifat sangat penting dan mendesak.


Bagi remaja, pengetahuan mode yang uptodate sangat penting dalam pergaulan, dan dengan demikian dapat menopang pula eksistensi di antara sesama remaja lainnya. Sebaliknya, seluk beluk penanganan asam urat dalam tubuh bagi seorang lanjut usia jelas lebih dicari daripada informasi tentang trik-trik menarik perhatian lawan jenis. Pendek kata, lain usia lain beritanya.


Memahami jenis-jenis informasi yang dibutuhkan pengguna perpustakaan dengan demikian sangat penting. Hal ini menjadi dasar pertimbangan dalam menyeleksi bahan pustaka untuk keperluan pengembangan perpustakaan.


Download Juga:

Aplikasi PK-Guru Super Lengkap Versi 360 Derajad

RPP PAIBP Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 (Genap) K13 Versi 1 Lembar

RPP PJOK Semester 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

RPP K-13 Kelas 1 Semester 2 Versi 1 Lembar Semester 2

RPP K-13 Kelas 2 Semester 2 Versi 1 Lembar Semester 2

RPP K-13 Kelas 3 Semester 2 Versi 1 Lembar Semester 2

RPP K-13 Kelas 4 Semester 2 Versi 1 Lembar Semester 2


Secara garis besar, relevansi antara buku bacaan dengan kebutuhan pengguna dipengaruhi oleh kondisi  eksternal (keadaan lingkungan) dan kondisi internal (pribadi pengguna).


Sebagai bahan bacaan sederhana, berikut kami bagikan sekedar sebagai tambahan bacaan pada perpustakaan sekolah.

Buku Bacaan Anak Bahasa Baru Download

Buku Bacaan Anak Bermain Bersama Download

Buku Bacaan Anak Canang dan Ketupat Download

Buku Bacaan Anak Teman Baru Download

Demikian, semoga materi Produk Pengetahuan Bacaan Perpustakaan dapat bermanfaat.


Sumber artikel: https://www.perpusnas.go.id/

Post a Comment for "Produk Pengetahuan Bacaan Perpustakaan"