Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Format RPP PJOK Semester 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

Format RPP PJOK Semester 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tetap dibuat dan dapat dipergunakan untuk disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana yang telah tertuang dalam SE Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan penyusunan RPP.

Format RPP PJOK Semester 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

Sekali lagi saya ingatkan, bahwa yang dibutuhkan bukannya RPP yang sekian lembar, sekian halaman, melainkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.


Sehingga sesuai amanah permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen), dan itulah yang wajib dilaksanakan oleh guru.


Penyusunan RPP dapat dilakukan secara mandiri maupun disusun berdasarkan musyawarah kelompok kerja guru mata pelajaran.


Tujuan penyusunan RPP disederhanakan adalah untuk menghemat waktu dan bahan cetaknya, karena guru hanya fokus pada penyusunan RPP yang dapat mencapai beberapa halaman, sedangkan waktu untuk menyampaikan materi akan terabaikan.


Apabila ternyata masih ada waktu dapat dipergunakan untuk memfokuskan atau mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran tersebut.


Mengapa RPP disusun secara efisien, hal ini mengandung maksud bahwa penulisan RPP wajib dilakukan dengan tepat dan tidak hanya menghabiskan banyak waktu dan tenaga.


Penyusunan RPP secara efektif artinya dalam menulis RPP yang paling perlu dilakukan adalah tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Format RPP PJOK Semester 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

Penyusunan RPP berorientasi pada murid ini berarti dalam menulis RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelasnya.


Penyusunan RPP secara singkat dan tepat cukup 1 lembar/halaman


RPP dapat disusun secara singkat, dan sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah efisien, efektif, dan berorientasi pada murid, dan dalam RPP tidak harus ada format sekian halaman. Sehingga meskipun RPP disusun hanya satu halamanpun dirasa sudah yang terpenting telah mengandung tiga unsur tersebut.


Apabila dilihat dari segi kebermanfatannya menyusun RPP tidak ada format baku, sehingga guru bebas untuk mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan harus berorientasi pada murid tersebut.


Apakah guru dapat menyusun RPP dengan menggunakan format yang sudah dibuat pada versi sebelumnya?


Ingat bahwa dalam menyusun RPP guru dapat juga menyusun dengan format lama sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Namun yang perlu dimengerti adalah guru harus memodifikasi format RPP yang sudah dibuat tersebut sesuai prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pafa murid.

Download Juga: Aplikasi PK-Guru dan PK Kepala sekolah Semua Jenjang Sekolah

Dalam menyusun RPP sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 terdapat 3 komponen inti, yaitu; 1) tujuan pembelajaran, 2) langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan 3) penilaian pembelajaran (asesmen). Sedangkan komponen-komponen yang lain adalah sebagai pelengkap.

Download Juga: RPP 1 Lembar Mapel PAIBP Semester 2 Kelas 1 Hingga Kelas 6 SD/MI

Penulisan tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid, kegiatan belajar dan asesmen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ditulis secara efisien.

Pada penyusunan RPP versi 1 lembar ini berlaku untuk semua jenjang sekolah dan semua jenis Muatan pelajaran maupun mata pelajaran.

Berikut materi download Format RPP PJOK 1 Lembar Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 untuk semester 2 (Genap)

RPP PJOK Semester 2 Kelas 1 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 DOWNLOAD

RPP PJOK Semester 2 Kelas 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 DOWNLOAD

RPP PJOK Semester 2 Kelas 3 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 DOWNLOAD

RPP PJOK Semester 2 Kelas 4 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 DOWNLOAD

RPP PJOK Semester 2 Kelas 5 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 DOWNLOAD

RPP PJOK Semester 2 Kelas 6 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 DOWNLOAD

Demikian ulasan singkat materi Format RPP PJOK 1 Lembar Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019 semoga ada manfaatnya, mohon maaf apabila terdapat penjelasan kami yang kurang sempurna, hal itu dikarenakan kami masih taraf belajar. Terima kasih atas kunjungan dan dukungannya sehingga media ini akan semakin tambah berkualitas.


Post a Comment for "Format RPP PJOK Semester 2 Sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019"