Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9 Terbaru

 Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9 Terbaru

Anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata anak cacat, bodoh, dan memiliki banyak kekurangan lainnya. Ada di antara jenis anak berkebutuhan khusus yang memiliki kelebihan jauh dibanding anak biasa yang lain dan karena kelebihan mereka itulah mereka tergolong anak berkebutuhan khusus agar kelebihan mereka dapat tersalur dengan baik dan dapat menyeimbangkan kelebihan mereka dengan aspek-aspek kehidupan lainnya.

Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9 Terbaru

Anak berkebutuhan khusus juga butuh pendidikan, untuk itu ada sebuah sekolah khusus yang disebut Sekolah Luar Biasa (SLB). Hanya saja di Indonesia sendiri keberadaan SLB masih belum memadai. Hal ini dapat dilihat dari masih belum lengkapnya SLB untuk semua jenis anak berkebutuhan khusus.

Selain SLB, di Indonesia sedang dirintis sekolah INKLUSI, yaitu sekolah biasa yang dapat juga menangani anak berkebutuhan khusus. Sekolah inklusi ini masih dikembangkan sampai sekarang.

Tuna Netra merupakan gangguan dalam kemampuan penglihatan. Tuna Netra bisa diakibatkan bawaan sejak lahir atau juga kecelakaan.

Dalam membantu membaca, tunanetra menggunakan huruf khusus yang disebut huruf braille. Hanya saja keberadaan buku braille ini masih terbatas. Tapi sudah ada percetakan-percetakan yang menerbitkan bukunya dalam dua jenis huruf tersebut. Bahkan sudah ada Al-Quran braille untuk tunanetra yang beragama Islam.

Apabila satu dari dua kelainan utama itu yang menyebabkan anak mengalami gangguan, maka dalam memberikan pelayanan pendidikan, indra yang masih baik kondisinya memperoleh perhatian utama untuk difungsikan. Bagi anak yang tuli, maka saluran penglihatan digunakan untuk membentuk sistem komunikasi berdasarkan isyarat, ejaan jari dan membaca bibir. 

Bagi anak yang mengalami gangguan penglihatan (buta), maka program pendidikan dikompensasikan melalui alat pendengaran.

Anak buta-tuli adalah seorang anak yang memiliki gangguan penglihatan dan pendengaran, suatu gabungan yang menyebabkan problema komunikasi dan problema perkembangan pendidikan lainnya yang berat sehingga tidak dapat diberikan program pelayanan pendidikan baik di sekolah yang melayani untuk anak-anak tuli maupun di sekolah yang melayani untuk anak-anak buta. 

Namun demikian, bukan berarti anak buta-tuli harus dirampas haknya untuk mendapatkan layan pendidikan. Dengan penanganan yang baik dan tepat, anak-anak buta-tuli masih bisa dididik dan berhasil. Contoh orang semacam ini adalah Helen Keller.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar anak yang tergolong tunaganda memiliki lebih dari satu ketidakmampuan. Walaupun dengan metode diagnosis yang paling baik sekalipun, masih sering mengalami kesulitan untuk mengidentifikasikan sifat dan beratnya ketunagandaan yang dialami anak dan menentukan bagaimana kombinasi ketidakmampuan itu berpengaruh terhadap perilaku anak.

Download juga: Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020

Anak-anak yang tergolong tunaganda sering kali memiliki kombinasi-kombinasi ketidakmampuan yang tampak nyata maupun yang tidak begitu nyata dan keduanya memerlukan penambahan-penambahan atau penyesuaian-penyesuaian khusus dalam pendidikan mereka. 

Melalui program pengajaran yang disesuaikan memungkinkan mereka dapat melakukan kegiatan kegiatan yang berguna, bermakna, dan memuaskan pribadinya.

Sebagai kelengkapan berikut kami bagikan buku untuk pegangan Kelas 1-2-3-4-5-6-7-8-9

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 1

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 2

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 3

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 4

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 5

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 6

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 7

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 8

Download Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 9

Demikian ulasan singkat materi Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9 Terbaru semoga membawa manfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Guru dan Siswa SLB Tunanetra Kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9 Terbaru"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan