Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020

Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021 jenjang SMP/MTs/SMPTK, ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021. Aplikasi ini dapat diakses secara daring. 

Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020


Dengan menuliskan alamatnya di http://biosmp.kemdikbud.go.id/

Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update.

SPESIFIKASI

1. SPESIFIKASI KOMPUTER

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi2 yaitu sepesifikasi perangkat keras(Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan lainnya yang disebabka noleh perangkat keras atau pun sistem operasinya. Dibawah ini akan ditampilkan rekomendasi hardware dan softwar eyang sebaiknya digunakan dalam proses pendataan Online.

a. Perangkat Keras

Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum:

Prosesor : Pentium Core i3 dan diatasnya (atau AMD)

Memori : 2 GB

Adapter : VGA 64 Bit (512 Mb) dengan resolusi 1024 x 800

Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

b. Perangkat Lunak

Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows 7, Windows 8, Windows 10

2. SPESIFIKASI APLIKASI

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

a. Browser Internet

Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan. 

Calon Peserta UN online adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus.

Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :

Nama Browser : Google Chrome / Mozilla Firefox

Produksi : Google / Mozilla

b. Microsoft Excel

Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem.

Pendataan Calon Peserta UN Online karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoftexcel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.

Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah :

Nama : Microsoft Excel versi 2007 atau diatasnya

Produksi : Microsoft

3. SITUS WEB ENTRY DATA

Situs Pendataan Calon Peserta UN merupakan situs khusus yang digunakan oleh operator untuk melakukan proses pengentrian data siswa. Dimana di dalam situs operator ini diperlukan suatu account khusus yang diberikan untuk login ke dalam sistem dengan proteksi khusus. 

Sistem login ini akan menentukan otorisasi atau hak akses dari masing-masing operator Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah mengenai modul-modul yang boleh diakses oleh operator sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dan juga digunakan untuk mengidentifikasi operator tersebut.


Download juga: Aplikasi PKG 360 Derajad Guru BK


4. AUTO LOG OUT 

Pada sistem ini terdapat fasilitas auto log out. Maksudnya yaitu bila dalam periode tertentu Anda tidak melakukan aktifitas apa pun terhadap sistem maka sistem secara otomatis akan log out atau kembali ke form login. Sehingga jika Anda harus memasukkan kembali account Anda untuk masuk ke dalam Sistem yang sudah log out.

5. DOWNLOAD FILE 

Pada sistem Pendataan Online terdapat mekanisme perolehan file data laporan dari sistem mengenai daftar siswa atau statistik yang bisa anda download dari server Pendataan Online ke dalam terminal komputer Anda. Dimana ketika Anda mendownload file Anda akan menjumpai kotak dialog download file yang muncul di halaman situs web yang sedang aktif. Dibawah ini merupakan pilihan respons dari kotak dialog download file yaitu:


Download juga: Pedoman Apresiasi Guru dan KS tahun 2020

Lihat file review berikut.


Download Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020

Demikian semoga materi Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020 bermanfaat.


Post a Comment for "Buku Manual Aplikasi Calon Peserta Asesmen Nasional 2020"