Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku 2 Pedoman PKG 360 Derajad

 Buku 2 Pedoman PKG 360 Derajad

Buku 2 Pedoman PKG 360 DerajadApabila kita membahas PKG, maka tidak terlepas dari pedoman pada Buku 2 Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru.

Buku 2 Pedoman PKG 360 Derajad

Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru pada Buku 2 yang merupakan terbitan terbaru tahun 2016 tersebut yang terdiri dari:

  1. Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  2. Guru Kelas dan guru Mata Pelajaran
  3. Guru Bimbingan Konseling (BK)
  4. Guru Teknologi Informasi Dan Komunikasi
  5. Guru Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi
  6. Guru Pendidikan Khusus

Dan pada “Kata Pengantar” dijelaskan secara rinci dan jelas yang kami kutip dari laman Kata Pengantar sekaligus kami gunakan sebagai awal penjelasan kami di sini. Al;

Pembelajaran merupakan jiwa institusi satuan pendidikan yang mutunya wajib ditingkatkan secara terus menerus. Hal ini dapat dimengerti, karena peserta didik mendapatkan pengalaman belajar formal terbanyak selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Kondisi ini menuntut semua pihak untuk menyadari pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan, dimana guru adalah ujung tombaknya.

Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang berkualitas dan bermartabat. Profesi guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025, yaitu “Menghasilkan Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.”

Download Jua: Buku Panduan 8 SNP Jenjang SLD Lengkap

Masyarakat dan pemerintah mempunyai kewajiban untuk mewujudkan kondisi yang memungkinkan guru dapat melaksanakan pekerjaannya secara profesional, bukan hanya untuk kepentingan guru, namun juga untuk pengembangan peserta didik demi masa depan Bangsa Indonesia. Dalam rangka membangun profesi guru sebagai profesi yang bermartabat, yakni untuk mencapai Visi Kemdikbud 2025 melalui proses pembelajaran yang berkualitas, perlu dilaksanakan penilaian kinerja guru secara berkelanjutan dan teratur. 

Penilaian Kinerja Guru merupakan rangkaian dari suatu proses pengelolaan kinerja guru di sekolah/madrasah. Proses pengelolaan kinerja guru terdiri atas tiga kegiatan utama, yaitu UKG (Uji Kompetensi Guru), Penilaian Kinerja Guru (PK Guru), dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Buku ini sebagai pedoman bagi pengelolaan dan pelaksanaan PK Guru di sekolah.

Download Jua: Buku Panduan 8 SNP Jenjang SD Lengkap

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah menyumbangkan pemikiran, waktu dan tenaga sampai terbitnya buku ini. Semoga buku ini dapat menjadi sumber acuan bagi semua yang terlibat dalam pelaksanaan PK guru.

Download Juga: Buku Panduan Penilaian Formatif Abad 21 Jenjang SD

Secara garis besarnya sebelum didownload materi dapat dibaca pada file review berikut ini, namun jangan kuatir, karena pada akhirnya tetap kami bagikan filenya pada akhir review.

 
Materi lengkap Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru pada Buku 2 yang merupakan terbitan terbaru tahun 2016 Download

Demikian penjelasan singkat materi Buku 2 Pedoman PKG 360 Derajad semoga membawa kemudahan dan kebermafaatan bagi kita. Aamiin. Untuk aplikasi PKG versi 360 derajad tunggu rilis setelah ini.

Petunjuk khusus tentang web ini:

Sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk mempermudah pencarian materi pada media yang kami kelola ini adalah gunakan fasilitas menu navigasi pada bagian atas artikel atau menggunakan menu label yang telah kami persiapkan di sebelah kanan artikel ini. Atau lanjutkan untuk menyimak berikut ini:

1.Menu Surat Dinas

Pada menu surat Dinas ini merupakan bagian menu untuk pencarian materi yang berhubungan dengan surat menyurat di satuan pendidikan.

2. Administrasi PBM

Menu Administrasi PBM ini kami bagi menjadi, Adm PAUD/TK, Adm SD/MI, Adm SLTP, Adm SLTA

3. Menu Soal

Pada menu soal ini terdiri dari Soal SD/MI, Soal SLTP, Soal SLTA, Soal Lainnya

4. Menu navigasi Buku

Menu ini merupakan menu untuk menemukan materi yang berkaitan dengan buku-buku pelajaran atau buku pengayaan lainnya.

5. Menu Navigasi juknis

Menu juknis ini dikandung maksud sebagai materi pencarian yang berhubungan dengan juknis-juknis.

6. Menu Navigasi Aplikasi

Pada menu navigasi aplikasi ini merupakan lokasi materi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi

7. Menu navigasi download

Pada menu tersebut merupakan bagian menu untuk materi alternatif, artinya barangkali materi yang kami bagikan bukan merupakan materi-materi yang ada pada navigasi-navigasi tersebut di atas.

Terima kasih telah berkunjung semoga anda nyaman, serta dapat mendapatkan materi yang anda inginkan. Baca sampai selesai dan masuk pada kolom komentar, karena di bagian kolom komentar kami gunakan sebagai evaluasi materi dan artikel selanjutnya.



Post a Comment for "Buku 2 Pedoman PKG 360 Derajad"