Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan

Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan

Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan yang saya maksudkan di sini adalah Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh Kepala Sekolah pada saat menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di satuan pendidikan.
Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan
Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan
Hal seperti itu atau Surat Keputusan penyusunan KKM tersebut disusun oleh setiap satuan pendidikan dasar dan juga satuan pendidikan menengah,

Cara Menerbitkan Surat Keputusan KKM

Melalui rapat dewan guru dan komite sekolah untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dimulai dari KKM masing-masing Muatan Pelajaran (Mupel) maupun KKM Mata Pelajaran (Mapel). Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ini disusun/ditentukan pada awal tahun pelajaran, sehingga sebagai acuan atau pedoman adalah evaluasi KKM tahun yang lampau.

Kriteria Ketuntasan Minimal menjadikan sebuah acuan bersama pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Oleh sebab itu pihak yang berkepentingan terhadap hasil penilaian pendidikan mempunyai hak untuk mengetahui KKM pada satuan pendidikan tersebut.

Satuan pendidikan yang telah menyelesaikan keputusan penentuan KKMnya berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada semua pihak yang berkepentingan tentang penilaian satuan pendidikan agar informasi dapat diakses dengan mudah terutama oleh peserta didik, orang tua peserta didik.

Kriteria Ketuntasan Minimal wajib dicantumkan dalam laporan pendidikan (raport) sebagai acuan untuk mensikapi hasil belajar peserta didik.

Fungsi dan manfaat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

  • Sebagai acuan pendidik untuk menilai kompetensi peserta didik yang sesuai dengan kompetensi Dasar Mupel maupun Mapel yang diajarkan.
  • sebagai acuan peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran. Pesrta disik diharapkan untuk mempersiapkan diri setelah mengetahui KKM yang ditentukan oleh satuan pendidikan.
  • digunakan sebagai acuan sebagai komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di satuan pendidikan.
  • KKM merupakan sebuah kontrak paedagogik antara pendidik dengan peserta didik, dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat, karena keberhasilan KKM merupakan keberhasilan satuan pendidikan pada saat pelaksanaan pembelajaran di sekolahnya.
  • KKM sebagai target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran atau Muatan pelajaran. Sehingga satuan pendidikan berupaya semaksimal mungkin untuk melampaui KKM yang telah ditetapkan.

Mekanisme Penetapan KKM


Untuk menetapkan KKM perlu mempertimbangkan beberapa ketentuan di antaranya:
  • Penetapan nilai KKM dengan melakukan analisis KKM pada setiap indikator dengan memperhatikan kompleksitas, daya dukung, dan intaks peserta didik.
  • KKM pada setiap kompetensi Dasar (KD) merupakan rata-rata dari indikator yang terdapat pada Kompetensi dasar.
  • KKM setiap SK merupakan rata-rata KKM KD yang terdapat di dalam Sk tersebut.
  • KKM mata pelajaran atau muatan pelajaran merupakan rata-rata semua KKM - SK yang terdapat satu semester atau satu tahun pembelajaran dan akan dicantumkan pada laporan hasil pembelajaran.
  • Indikator merupakan acuan/rujukan bagi pendidik untuk menyusun soal-soal penilaian.
  • Setiap indikator atau KD dapat diadakan perbedaan nilai KKM.

Download Materi terpenting lainnya:


Dari sekelumit ulasan di atas menyatakan bahwa untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) memang perlu waktu serta pikiran yang penuh ekstra, sehingga untuk menentukan KKM itulah wajib disusun sebuah Surat Keputusan (SK) sekaligus sebagai payung hukum atau dasar hukumnya.

Download SK Penetapan KKM Satuan Pendidikan

Demikian ulasan singkat materi Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Surat Keputusan (SK) Penetapan KKM Satuan Pendidikan"