Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SK Kegiatan PTS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023

SK Kegiatan PTS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023

PTS (Penilaian Tengah Semester) merupakan agenda rutin sekolah setelah kegiatan pembelajaran berjalan 8-9 minggu sejak awal semester. PTS dilakukan untuk mengukur capaian hasil pembelajaran selama periode tengah semester.

SK Kegiatan PTS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023

Selain guru dan siswa harus mempersiapkan diri mengahadapi PTS, sekolah juga harus melengkapi berkas pendukung. Salah satu berkas administrasi yang wajib disiapkan sekolah adalah surat keputusan pembentukan panitia.


Bahwa untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar pada tiap pertengahan semester dan di tiap Tahun Ajaran. Bahwa untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai materi pembelajaran di satuan pendidikan perlu diadakan penilaian atau evaluasi. Agar kegiatan pelaksanaan penilaian tersebut dapat terlaksana dengan baik perlu dibentuk susunan kepanitiaan yang disusun oleh Kepala Satuan Pendidikan.


SK Panitia Penilaian Tengah Semester (PTS) berfungsi menjelaskan secara detail jabatan dan tugas yang harus dilaksanakan tiap personil yang dipilih. Dengan demikian personil tersebut memiliki dasar untuk segera melaksanakan tugasnya masing-masing.


Selain itu, SK Panitia PTS juga bisa menjadi bukti fisik pelaporan kegiatan, mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan yang diperbolehkan untuk dikeluarkan anggaran bersumber dari dana BOS.


Beberapa jabatan kepantiaan PTS diantaranya adalah kepala sekolah selaku penanggungjawab kegiatan, ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, anggota-anggota, serta koordinator kegiatan.


Proses penilaian hasil belajar ini sebetulnya sama seperti yang dulu kita kenal sebagai ulangan tengah semester. Hanya saja Penilaian Tengah Semester dilaksanakan pada kurun waktu 8-9 minggu pembelajaran, dan pengambilan nilai kini dilakukan secara online sesuai konsep dari sistem penilaian yang resmi dikeluarkan oleh Kemendikbud.


Tujuan dan Fungsi Penilaian (ulangan) Tengah Semester


Fungsi penilaian hasil belajar PTS, antara lain:

1. Untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran serta penilaian di tengah semester.

2. Mengetahui apakah materi yang sudah diberikan oleh guru setiap mata pelajaran selama setengah semester berlangsung pada kegiatan belajar mengajar sudah dipahami dengan baik atau belum.

3. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan.

4. Sarana membangun motivasi untuk belajar lebih giat lagi.


Adapun tujuan dari PTS antara lain: 

1. Bentuk evaluasi untuk mengetahui capaian siswa

2. Tentunya berfungsi sebagai pendorong peningkatan mutu belajar

3. Sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara umum


Baiklah, berikut ini SK Kegiatan PTS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023 yang telah saya kemas dalam format excel, untuk mempermudah menyusunnya. Bagi bapak ibu yang berminat silakan mengunduh melalui tautan di bawah ini.

Demikian ulasan singkat materi SK Kegiatan PTS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023 semoga membawa kemudahan bapak/ibu khususnya Kepala Sekolah untuk menyusunnya.

Post a Comment for "SK Kegiatan PTS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023"