Inilah Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020

 Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020 

Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020 - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2020 baik di jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini telah resmi mengeluarkan Petunjuk dan Pelaksanaannya (Juklak) yang terbaru, karena juklak yang telah diterbitkan juga pada tahun 2020.
Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020
Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020
Khusus Juklak FLS2N jenjang SMP memang sedikit terdapat perbedaan, karena namanya saja juga beda jenjang. Namun secara umum memang terdapat kesamaan, sedangkan tujuan dapat kami sebut seperti berikut:

Dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwaPancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan,pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir, kritis, kreatif, komunikatif dankolaborasi generasi muda. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertamaberupaya mewujudkan program Nawacita dengan mengimplimentasikan Penguatan PendidikanKarakter (PPK) melalui kegiatan Lomba, Festival dan Kompetisi tahun 2020 mulai dari tingkat sekolah,kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan PendidikanKarakter pasal 1 adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untukmemperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi dan kerjasama antara satuan pendidikan,keluarga dan masyarakat sebagai dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kegiatan Lomba, Festival dan Kompetisi menjadi wahana produktif dan efektif dalam upayameningkatkan PPK mulai dari sekolah hingga tingkat nasional. Direktorat Pembinaan SekolahMenengah Pertama (SMP) memandang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan layananpendidikan pada jenjang SMP dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun kegiatan Lomba, Festivaldan Kompetisi tahun 2020 secara terpadu dan terkoordinasi.

Kegiatan dimaksud sudah menjadi agenda tahunan yang sangat diminati oleh satuan pendidikanterutama sekolah dan pemangku pimpinan di wilayahnya untuk membina peserta didiknya yangmemiliki bakat, minat dan prestasi bidang akademis dan non akademis yakni literasi sains, seni,olahraga dan penelitian agar dapat berpartisipasi di tingkat nasional pada ajang : 1. Kompetisi SainsNasional (KSN); 2. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (O2SN); 3. Festival dan Lomba Seni SiswaNasional (FLS2N); 4. Gala Siswa Indonesia (GSI); 5. Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).Sedangkan untuk Olimpiade/lomba/Akademi di tingkat internasional untuk jenjang SMP tahun 2020antara lain : 1. International Junior Science Olympiad (IJSO); 2. International MathematicsCompetition (IMC); 3. The Couple Internationale De Kayl ( k a r a t e ) ; dan 4.Training andDevelopment for Footballer and Trainer.

Petunjuk pelaksanaan ini dibuat dalam rangka sosialisasi sekaligus informasi mengenai panduankegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2020 agar program dan kebijakandapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan. Kami berharap petunjuk pelaksanaan ini dapatdiimplementasikan dengan optimal oleh pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan FLS2N ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan sekolah sebagai pedoman pelaksanaan.


Berikut adalah Review file Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020

Tujuan secara umum FLS2N Jenjang SMP adalah:
  1. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa berbakat dan berminat pada seni budaya untuk dapat mengembangkan kemampuannya pada FLS2N;
  2. Menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di seluruh wilayah NKRI;
  3. Membina dan meningatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa; dan
  4. Mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama dan sportivitas dalam diri siswa yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan seni budaya Indonesia.

Download juga: Juklak FLS2N Jenjang SD tahun 2020
Tujuan Pelaksanaan Setiap Cabang Lomba:
  • Menyediakan wahana dan sarana bagi siswa agar dapat mengapresiasi musik daerah sendiri dan musik daerah lain sehingga tercipta rasa saling menghargai dan rasa bangga memiliki keragaman musik tradisi Indonesia;
  • Membentuk sifat dan kepribadian siswa agar memiliki budi pekerti luhur;
  • Mengapresiasi generasi muda khususnya pelajar dalam upaya melestarikan seni budaya Indonesia melalui pembelajaran alat musik tradisional.

Download: Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020
Demikian ulasan singkat materi Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020 semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Inilah Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) FLS2N SMP Tahun 2020"