Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi Terbaru

Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi Terbaru

Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi - Sejarah membuktikan bahwa meskipun Kurikulum 2013 telah diawali penggunaannya pada tahun pelajaran 2013/2014, memang sempat berhenti penggunaannya satu semester kala itu. Dan dengan penuh pertimbangan, masukan, serta kritisi tentang kualitas dan kuantitas materi, akhirnya diberlakukan kembali dengan catatan masih tetap direvisi dalam perjalanannya.
Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi Terbaru
Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi Terbaru
Revisi pada kurikulum 2013 dilaksanakan khususnya buku guru dan buku siswa, dan tidak ketinggalan berbagai perubahan lainnya. Khusus perubahan pada buku Guru terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada Petunjuk Umum disajikan tentang konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaran, petunjuk pembelajaran kegiatan saintifik, dan pedoman penilai.

Pada Petunjuk Khusus disajikan tentang petunjuk kegiatan pembelajaran dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru pada petunjuk umum ini disertakan juga kunci jawaban pada setiap kegiatan Ayo Kita Berlatih,

Uji Kompetensi setiap babnya dan Uji Kompetensi Semester. Buku Guru ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Peran Guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku Guru ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sedangkan Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa ini adalah dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi   dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Selain itu Buku pegangan siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan    berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya.

Download Juga: Buku K-2013 Guru SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi Terbaru

Dalam hal ini diharapkan seorang Guru dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah   ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

  1. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-kegiatan Pembelajaran
  2. Penghubung antara Guru, sekolah, dan Orang Tua
  3. Lembar Kerja Siswa
  4. Penilaian dan Portofolio
  5. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
  6. Sebagai kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
  7. Sebagai ala/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.

Sebagai materi kelengkapan artikel ini berikut pula kami sajikan materi tentang Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 yang telah direvisi pada tahun 2017 dan revisi tahun 2018.


Demikian ulasan singkat materi tentang Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi semoga akan membawa berbagai manfaat bagi bapak/ibu guru khususnya di jenjang SMP dan yang sederajad.

Post a Comment for "Buku K-2013 Siswa SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi Terbaru"