Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2

Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2 

Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2 - Sehubungan dengan dimulainya pelaksanaan kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2019/2020 semester genap pada awal bulan Januari Tahun 2020, maka segenap guru/pendidik dipastikan sibuk untuk mempersiapkan administrasi pembelajaran.
Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2
Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2
Di sisi lain bahwa administrasi pembelajaran pada kurikulum 2013/kurtilas yang mana juga disebut Kurnas (Kurikulum Nasional) ya sebegitu banyaknya harus dipersiapkan guna kelancaran pelaksanaan dan sebagai bukti fisik kita sebagai pekerja mempunya sebuah catatan atau bukti pekerjaan.

Administrasi yang paling awal disiapkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Jurnal Mengajar atau Jurnal Pembelajaran meskipun juga disebut dengan Resume Pembelajaran, namun pada prinsinya sama (hanya beda istilah) saja.

Selain itu jurnal mengajar merupakan wadah untuk menulis hasil refleksi peserta didik tentang pembelajaran yang telah diikuti, dan bagaimana tanggapan peserta didik ditulis dalam jurnal tersebut, misalnya materi sudah dipahami, materi belum dipahami sertakan alasan-alasan lain mengapa belum dipahami dalam kolom keterangan resume.

Jurnal belajar tidak hanya berorientasi pada pembelajaran kemampuan akademik semata, melainkan guru/pendidik diharapkan dengan kebiasaan menuliskan pengalaman belajar, peserta didik tersebut akan terbiasa mengekspresikan perasaan pemikiran ataupun harapannya tentang pembelajaran yang disajikan oleh gurunya.

Untuk itu kami telah mepersiapkan materi tersebut yang sesuai dengan judul artikel dengan format office wods, sehingga akan lebih mudah dipergunakan khususnya guru yang mengajar di kelas 5 SD/MI dan pada semester 2 (Genap).

Seperti yang terlihat pada tautan di bawah adalah materi Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2 yang telah lengkap mulai dari tema 6 sampai dengan tema 9. 

Berikut tautannya:
Jurnal Harian Kelas 5 Tema 6 Semester 2 ( Download )
Jurnal Harian Kelas 5 Tema 7 Semester 2 ( Download )
Jurnal Harian Kelas 5 Tema 8 Semester 2 ( Download )
Jurnal Harian Kelas 5 Tema 9 Semester 2 ( Download )
Sedangkan bagi rekan-rekan yang mengajar kelas 1-2-3-dan kelas 4 materi Jurnalnya juga telah tersedia di bawah ini, silahkan dipilih sesuai dengan jenjang kelas yang diampunya.

Bagi bapak/ibu guru yang sering mendengar atau membaca penjelasan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan tentang Surat Edaran nomor 14 Tahun 2019 tertanggal 10 Desember 2019 tentang penyederhanaan RPP mungkin akan merasa senang, karena RPP tidak seperti yang model lama sampai mencapai 20 halaman di setiap pertemuannya.

Dengan berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dalam hal ini ditujukan kepada Yang Terhormat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Yang diterbitkan pada tanggal 10 Desember 2019.

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.

Demikian Surat Edaran ini kami disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Download Juga: SE Noor 14 tahun 2019
Untuk mempersiapkan RPP sesuai dengan surat edaran tersebut telah kami siapkan di awal tahun 2020 atau mulai awal bulan Januari telah kami siapkan seperti di bawah ini:

Demikian semoga materi yang kami bagikan saat ini bermanfaat, dan apabila bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan atau langsung bagikan melalui media sosial di bawah ini.

Post a Comment for "Jurnal/Resume Mengajar K-2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2"