Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

POS Ujian Sekolah Madrasah 2022

POS Ujian Sekolah Madrasah 2022

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

POS Ujian Sekolah Madrasah 2022

Dengan berbagai penjelasan atau uraian di berbagai media, sehingga pada kesempatan kali ini telah kami siapkan materi Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 yang diterbitkan secara resmi oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 26 Januari 2022.


Dan banyak yang perlu diperhatikan dalam kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi; 

1) penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih; 

2) penilaian akhir semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil; 

3) penilaian akhir tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; 

4) ujian madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.


Ujian Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Ujian madrasah berfungsi untuk; Mengetahui capaian perkembangan peserta didik Umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran Salah satu syarat penentuan kelulusan.

Download: Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Permendikbudristek No 5 Tahun 2022

Download: Standar Isi Permendikbudristek No 7 Tahun 2022

Download: POS Ujian Sekolah Madrasah 2022

Demikian informasi materi POS Ujian Sekolah Madrasah 2022 semoga bermanfaat, mohon maaf atas berbagai kekurangan kami dalam membagikan, mengiformasikan dokumen-dokumen pendidikan di media ini.


Post a Comment for "POS Ujian Sekolah Madrasah 2022"