Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Pembelajaran dan Asesmen

 Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Dalam proses pembelajaran seyogianya peserta didik yang menjadi fokus. Usaha untuk memahami peserta didik dan menjadikan mereka pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. Pendidik berperan memfasilitasi proses mencapai tujuan tersebut. Untuk itu penting bagi pendidik untuk memiliki kemampuan merancang pembelajaran, agar mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Ketika peserta didik menjadi seorang pelajar yang merdeka, interaksi pendidik dan peserta didik akan berubah. Peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik baik kepada diri sendiri, peserta didik lain serta kepada pendidik.


Proses merancang pembelajaran merupakan proses penting yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran, oleh sebab itu buku panduan ini disusun. Sasaran pengguna buku panduan ini adalah pendidik, isi dari buku panduan mencakup penjelasan mengenai komponen-komponen, prinsip pembelajaran dan asesmen, tahapan, kriteria output setiap tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen, strategi serta contoh- contoh pelaksanaan pembelajaran dan asesmen pada pembelajaran paradigma baru.

Memahami Pembelajaran Paradigma Baru

Pembelajaran paradigma baru memastikan praktik pembelajaran untuk berpusat pada peserta didik. 

Dengan paradigma baru ini, pembelajaran merupakan satu siklus yang berawal dari pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran, dan pelaksanaan asesmen untuk memperbaiki pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. 


Pembelajaran paradigma baru memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. 

Download juga: Administrasi US Tahun 2022 Lengkap

Pada pembelajaran paradigma baru, Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah yang memandu segala kebijakan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk pembelajaran, dan asesmen.


Kerangka Kurikulum pada Sekolah Penggerak Pemerintah berperan menyiapkan:

1. Profil Pelajar Pancasila. Kompetensi dan karakter yang tertuang dalam 6 dimensi, berfungsi sebagai penuntun arah yang memandu segala kebijakan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk pembelajaran, dan asesmen.

2. Struktur Kurikulum Jabaran mata pelajaran beserta alokasi jam pembelajaran. 

3. Capaian Pembelajaran Kompetensi dan karakter yang dicapai setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. 

4. Prinsip Pembelajaran dan Asesmen Berfungsi sebagai nilai-nilai yang mendasari pelaksanaan pembelajaran dan asesmen.

Komponen yang dikembangkan satuan pendidikan:

1. Kurikulum Operasional. Menjabarkan kebijakan, rencana program dan kegiatan yang akan dilakukan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran paradigma baru. 

2. Perangkat Ajar. Berbagai perangkat yang digunakan untuk mendukung pembelajaran paradigma baru.

Link Download Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Demikian ulasan singkat materi Panduan Pembelajaran dan Asesmen semoga bermanfaat dan mohon maaf barangkali materi yang kami sampaikan ini kurang maksimal.

Post a Comment for "Panduan Pembelajaran dan Asesmen"