Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul UKS Jenjang SD

Modul UKS Jenjang SD

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan di lingkungan sekolah dalam rangka memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ), dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik. Kegiatan UKS diselenggarakan meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat. 

Modul UKS Jenjang SD

Oleh karena itu, peran Kepala Sekolah dan Guru sangat strategis dalam pelaksanaan UKS. Kerjasama di antara warga sekolah sangat diperlukan supaya UKS dapat berjalan efektif. Hal tersebut penting dalam menciptakan suasana organisasi yang harmonis dalam membangun kebersamaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.


Upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan warga sekolah. Keberhasilan dalam meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik yang sangat rentan dan rawan terhadap berbagai macam penyakit, merupakan sebuah investasi besar yang menjadi modal bagi pembangunan bangsa di masa mendatang. Salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan di sekolah dasar dilakukan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).


UKS merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penerapan UKS di satuan pendidikan sekolah dasar dapat dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu (1) Penerapan UKS Berbasis Kelas, (2) Penerapan UKS Berbasis Budaya Sekolah, dan (3) Penerapan UKS Berbasis Masyarakat. Ketiga pendekatan ini saling terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh. 


Penerapan UKS Berbasis Kelas merupakan integrasi Trias UKS dalam proses pembelajaran pada muatan mata pelajaran yang relevan. Pengintegrasian Trias UKS tersebut mengacu pada kurikulum. Pengintegrasian dilakukan dengan menghubungkan konsep muatan kurikulum dengan Trias UKS.


Penerapan UKS Berbasis Budaya Sekolah merupakan integrasi Trias UKS dalam kegiatan keseharian di lingkungan sekolah, melalui berbagai aktivitas di satuan pendidikan yang melibatkan seluruh warga sekolah. Aktivitas budaya sekolah yang sejalan dengan penerapan Trias UKS, antara lain tata kelola sekolah, ekstrakurikuler, pembiasaan, serta peraturan dan tata tertib sekolah yang sejalan dengan pengembangan Trias UKS. 


Penerapan UKS Berbasis Masyarakat adalah pengembangan UKS melalui jalinan kemitraan dengan masyarakat sekitar satuan pendidikan. Kemitraan dan sinergisitas antara satuan pendidikan dengan masyarakat (tokoh agama, asosiasi profesi) dan lembaga pemerintah maupun swasta, sangat membantu keberhasilan pendidikan.


Berdasarkan uraian di atas, untuk pelaksanaan kegiatan UKS pada jenjang Sekolah Dasar supaya dapat berjalan dengan efektif maka diperlukan Modul Implementasi Usaha Kesehatan Sekolah. Modul ini disusun dalam rangka memberikan panduan bagi Tim Pelaksana UKS untuk melaksanakan pembinaan dalam menanamkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta didik dalam memahami dan menjalankan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat.


Tujuan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah pada jenjang SD dapat secara lengkap didownload DI SINI


Demikian ulasan dan pernjelasan singkat materi Modul UKS Jenjang SD dengan adanya materi ini kami berharap dapat bermanfaat untuk memajukan kegiatan UKS di satuan pendidikan bapak/ibu semuanya, dan mohon maaf atas segala kekurangan.


Post a Comment for "Modul UKS Jenjang SD"