Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lembar Kerja Siswa (LKS) PAUD-TK

 Lembar Kerja Siswa (LKS) PAUD-TK

lembar kerja siswa yang kemudian disebut dengan singkatan LKS adalah merupakan lembaran yang berisi pedoman bagi siswa untuk melaksanakan kerja atau tugas yang terprogram.

Lembar Kerja Siswa (LKS) PAUD-TK

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar cetak yang berupa lembaran-lembaran berisikan tugas-tugas dengan langkah kerjanya sehingga siswa dapat belajar mandiri atau dengan pendamping (guru).

Lembar Kegiatan Siswa adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk atau langkah- langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.

Ada empat fungsi LKS bagi pembelajaran:

  1. Sebagai bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik. 
  2. Sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan. 
  3. Sebagai bahan ajar yang ringkas dan kaya tugas untuk berlatih.
  4. Mempermudah pelaksanaan pengajaran kepada pesta didik.

Tujuan penyusunan LKS meliputi:

  1. Menyajikan bahan ajar yang memudahkan peserta didik untuk berinteraksi dengan materi yang diberikan. 
  2. Menyajikan tugas-tugas yang meningkatkan penguasaan peserta didik terhadap materi yang diberikan. 
  3. Melatih kemandirian belajar peserta didik. 
  4. Memudahkan pendidik dalam memberikan tugas kepada peserta didik.

Tujuan lain disusun LKS meliputi:

1. LKS yang membantu peserta didik menemukan suatu konsep.

Pada LKS ini sesuai dengan prinsip konstruktivisme, seorang akan belajar aktiv mengkonstruksi pengetahuan di dalam otaknya. LKS jenis ini memuat apa yang (harus) dilakukan peserta didik meliputi melakukan, mengamati, dan menganalisis. Kita (pembuat LKS) perlu merumuskan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik, kemudian peserta didik mengamati fenomena hasil kegiatannya, lalu diberikan pertanyaan-pertanyaan analisis yang membantu peserta didik untuk mengaitkan fenomena yang mereka amati dengan konsep yang mereka bangun dalam benak mereka. 

2. LKS yang membantu peserta didik menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan. 

Dalam pembelajaran peserta didik telah diberikan materi dan menemukan konsep, peserta didik selanjutnya dilatih untuk menerapkan konsep yang telah mereka miliki dalam kehidupan sehari-hari. 

3. LKS yang berfungsi sebagai penuntun belajar. 

LKS ini berisi pertanyaan atau isian yang jawabannya ada di dalam buku. Peserta didik akan dapat mengerjakan LKS tersebut jika mereka membaca buku materi, sehingga fungsi utama LKS ini adalah membantu peserta didik menghafal dan memahami materi pembelajaran yang terdapat di dalam buku.

Download Juga: Aplikasi KKM K13 Jenjang SD/MI, SMP/MTs

4. LKS yang berfungsi sebagai penguatan. LKS bentuk ini diberikan setelah peserta didik selesai mempelajari topik tertentu. 

Materi pembelajaran yang dikemas di dalam LKS ini lebih mengarah pada pendalaman dan penerapan materi pembelajaran yang terdapat di dalam buku pelajaran. 

Download Juga: SK Pembagian Tugas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar

5. LKS yang berfungsi sebagai petunjuk praktikum. Dalam pembelajaran atau materi tertentu ada kegiatan yang memerlukan praktikum. 

Pembuatan langkah-langkah kerja dalam praktikum biasanya disusun dalam sebuah LKS. Maka dalam LKS bentuk ini, petunjuk praktikum merupakan salah satu isi (content) dari LKS. Dari berbagai macam LKS tersebut peneliti ingin mengembangkan LKS pada poin 4 (LKS yang berfungsi sebagai penguatan).

Download Juga: LKS Khusus Jenjang SMK

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan begitu pentingnya sebuah buku LKS, sehingga untuk mendukung kelengkapan penjelasan tersebut berikut di bawah ini kami persiapkan buku-buku LKS yang dapat dipergunakan untuk jenjang PAUD/TK, guna mendukung kelancaran pembelajaran bagi peserta didik kita.

LKS Subtema Keluargaku

LKS Subtema Pakaian

LKS Subtema Panca Indra

LKS Subtema Rumahku

LKS Subtema Sekolahku

LKS Tema Diriku Subtema Tubuhku

LKS Tema Kesehatan

LKS Tema Lingkungan

Demikian ulasan singkat materi Lembar Kerja Siswa (LKS) PAUD-TK semoga membawa manfaat.

Post a Comment for " Lembar Kerja Siswa (LKS) PAUD-TK"