Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aplikasi KKM SD/MI, SMP/MTs Terupdate

Aplikasi KKM SD/MI, SMP/MTs Terupdate

Aplikasi KKM SD/MI, SMP/MTs Terupdate

Bapak/ibu serta rekan-rekan pendidik khususnya yang mengajar di satuan pendidikan Madarasah, pada kesempatan baik ini kami sengaja mengaupdate materi kembali dikarenakan banyak pengunjung yang memberikan sara untuk mengupdate materi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) khususnya di sekolah madarasah.

KKM ini merupakan materi yang kami khususkan untuk madarasah terutama Madarasah Ibtidaiyah sampai dengan Madarasah Aliyah dengan beberapa materi yang telah kami persiapkan pada beberapa menu di bawah ini, sehingga cukup memilih materi yang dibutuhkan untuk dipergunakan atau bahkan dibagikan kepada rekan-rekannya.

Kriteria Ketuntasan Minimal merupakan bagian yang dapat terpisahkan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan merupakan bagian dokumen I dalam Kurikulum.

Dalam menentukan KKM perlu merumuskan minimal 3 (tiga) aspek di antaranya adalah:

1. Karakteristik Peserta Didik

Karakteristik peserta didik bagi peserta didik ini antara lain dengan memperhatikan rata-rata nilai raport pada awal semester atau awal tahun dan untuk satu tahun pelajaran.

2. Kompleksitas Materi

Kompleksitas adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran

3. Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung)

Daya dukung dalam menentukan KKM meliputi; 1) Kompetensi Pendidik, 2) Jumlah Pendidik, 3) Predikat akreditasi sekolah, dan 4) Kelayakan sarana dan prasarana sekolah.

Dalam menentukan KKM pada pembelajaran Kurikulum 2013 terutama untuk menentukan KKM satuan pendidikan, maka diambil KKM di suatu muatan pelajaran atau mata pelajaran di semua kelas yang paling rendah.

Download Juga: Dokumen 1 KTSP TP 2021-2022

Contoh:

Pada suatu kelas terdiri dari sekian mata pelajaran/muatan pelajaran dan KKM paling rendah misalnya KKM muatan pelajaran matematika dengan nilai KKM 60. Kemudian dibandingkan nilai KKM di semua mata pelajaran/muatan pelajaran di semua kelas, ternyata sudah tidak ada nilai KKM yang di bawah 60. Sehingga KKM pada satuan pendidikan tersebut adalah 60. Perlu diingat dalam menentukan KKM pada satuan pendidikan ini berlaku untuk semua jenjang sekolah.

Sebagai materi kelengkapannya berikut telah kami persiapkan sebuah aplikasi KKM untuk jenjang SD/MI, dan jenjang SMP/MTs.


Download: Aplikasi KKM jenjang SMP/MTs Lengkap

Download: Aplikasi KKM jenjang SD/MI Kelas 1 s/d Kelas 6

Download: SK Penentuan  KKM jenjang SMP/MTs


Demikian ulasan singkat materi Aplikasi KKM SD/MI, SMP/MTs Terupdate semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

 

Post a Comment for "Aplikasi KKM SD/MI, SMP/MTs Terupdate"