Unduh Aplikasi PPDB tahun Pelajaran 2021/2022

Unduh Aplikasi PPDB tahun Pelajaran 2021/2022

Saat ini telah kita laksanakan kegiatan pembelajaran di tahun pelajaran 2020/2021, dan telah melaksanakan hampir di ujung tahun pelajaran, sehingga dapat dipastikan tahun pelajaran 2021/2022 akan segera kita mulai yang diawali dengan kegiatan penerimaan peserta didik baru.

Unduh Aplikasi PPDB tahun Pelajaran 2021/2022


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak - Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan, bahwa pelaksanaan penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 telah diatur di dalamnya.

Hal tersebut masih pula diterbitkan adanya Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang khususnya penerimaan Peserta Didik Baru di masa Pandemi Covid-19 ini.

Masih belum selesai pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga telah menerbitkan pula sebuah Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 yang telah mengatur berbagai hal tentang Penerimaan Peserta didik. Hal tersebut akan menjadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan awal tahun pelajaran 2021/2022.

Di dalam Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 terdapat perbedaan dalam pelaksanaan penerimaan Peserta Didik Baru, dan hal yang paling terlihat adalah:

  1. PPDB Tahun 2020 Aturan tentang PPDB dikecualikan untuk satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  2. PPDB tahun 2021 (1) Pemerintah Daerah dapat melibatkan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat dalam pelaksanaan PPDB (2) Ketentuan pelaksanaan PPDB bagi sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat ditetapkan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangan.
  3. Pemda dalam pelaksanaan PPDB harus mampu bersinergi dan berkoordinasi dengan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat. 
  4. Keikutsertaan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat dalam PPDB bersifat tidak memaksa

Perbedaan penerimaan peserta didik berdasarkan zonasi adalah:

PPDB Tahun 2020 

Kartu keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili.

PPDB Tahun 2021

  1. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. 
  2. Jika kartu keluarga tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili. Keadaan tertentu meliputi: a). bencana alam; dan/atau b). bencana sosial.

Dengan berbagai kebijakan dan edaran tersebut di atas dan untuk mempermudah dalam menyusun data berbagai keperluan yang dibutuhkan kami sengaja membagikan sebuah “Aplikasi” yang telah dapat dipergunakan dalam mendata calon dan telah menjadi peserta didik di sebuah satuan pendidikan.

Aplikasi ini cukup sederhana, namun dapat dipergunakan secara maksimal, dan keistimewaan aplikasi ini telah kami tambahan untuk menentukan batas usia calon peserta didik, serta formulir yang telah kami sinkronkan dengan Aplikasi Dapodik.


Lebih jelasnya dapat langsung didownload berikut ini: Aplikasi PPDB tahun Pelajaran 2021/2022


Demikian ulasan singkat materi Aplikasi PPDB tahun Pelajaran 2021/2022 semoga materi ini dapat bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan dalam kami menyajikan disetiap materi-materi atau dokumen pendidikan.


Materi terkait lainnya:

Kebijakan Baru Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020/2021

Surat Edaran dan kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020/2021

Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2021-2022


Apabila terdapat file download yang rusak segera konfirmasi kepada kami, insya alloh akan segera kami perbaiki.

Post a Comment for "Unduh Aplikasi PPDB tahun Pelajaran 2021/2022"