Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2021-2022

Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2021-2022

Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2021-2022


Adapun yang paling penting dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan adalah:


PPDB dilaksanakan secara: a. objektif; b. transparan; dan c. akuntabel.

PPDB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan tanpa diskriminasi kecuali bagi sekolah yang secara khusus dirancang untuk melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.


Persyaratan Umum penerimaan Peserta Didik Baru


Calon peserta didik baru TK harus memenuhi persyaratan usia: a. paling rendah 4 (empat) tahun dan paling tinggi 5 (lima) tahun untuk kelompok A; dan b. paling rendah 5 (lima) tahun dan paling tinggi 6 (enam) tahun untuk kelompok B.


Calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD harus memenuhi persyaratan usia: a. 7 (tujuh) tahun; atau b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.


Dalam pelaksanaan PPDB, SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD yang berusia 7 (tujuh) tahun.


Persyaratan usia paling rendah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki: a. kecerdasan dan/atau bakat istimewa; dan b. kesiapan psikis.


Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.


Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (4) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.


Calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP harus memenuhi persyaratan: a. berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan b. telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD atau bentuk lain yang sederajat.


Calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA atau SMK harus memenuhi persyaratan: a. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan b. telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP atau bentuk lain yang sederajat.


SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).


Persyaratan Usia Pendaftaran Siswa Baru


Persyaratan usia dibuktikan dengan: a. akta kelahiran; atau b. surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.



Jalur Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru

PPDB untuk SD, SMP, dan SMA dilaksanakan melalui jalur pendaftaran PPDB. Jalur pendaftaran PPDB meliputi: 

a. zonasi; 

b. afirmasi; 

c. perpindahan tugas orang tua/wali; dan/atau 

d. prestasi.


Penjelasan masing-masing jalur zonasi pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2021/2022


a. jalur zonasi meliputi: 

  • jalur zonasi SD paling sedikit 70% (tujuh puluh persen) dari daya tampung sekolah; 
  • jalur zonasi SMP paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah;
  • jalur zonasi SMA paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah.

b. jalur afirmasi sebagaimana dimaksud adalah paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah.


c. jalur perpindahan tugas orang tua/wali meliputi:  Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksudkan adalah paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah.


d. jalur prestasi meliputi Dalam hal masih terdapat sisa kuota dari jalur pendaftaran, Pemerintah Daerah dapat membuka jalur prestasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf d. Jalur prestasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf d tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 (satu) SD.


Download materi lainnya:

Aplikasi PK-Guru Super Lengkap Versi 360 Derajad Terbaru

Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja ASN

Aplikasi Otomatis Laporan Presensi Kehadiran ASN

Lebih jelasnya simak terlebih dahulu pada file reviewnya berikut, sebelum mendownload filenya.


 


Demikian ulasan singkat materi Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2021-2022 semoga bermanfaat, dan senantiasa kami ucapkan mohon maaf apabila terdapat kekurangan, dan kesalahan dalam kami menjelaskan.

Post a Comment for "Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2021-2022"