Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020-2021

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020-2021

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020-2021

Pengertian Kisi-Kisi Ujian Sekolah

Saya ucapkan selamat, sejauh ini kamu telah kelas 6 yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Sekolah. Dalam waktu yang singkat ini, kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar sukses mengerjakan soal-soal US/M. Banyak siswa sepertimu mempersiapkan diri menghadapi US/M dengan cara berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Cara ini sangat bagus. Akan tetapi, lebih bagus lagi jika soal-soal tersebut menyerupai soal-soal US/M.

Karakteristik Soal Ujian Sekolah

Meskipun sangat rahasia, soal-soal US/M dapat dikenali karakteristiknya. Berikut ini beberapa karakteristik soal US/M dan cara menghadapinya.

• Soal Kelihatan Mudah

Dalam US/M nanti kamu akan menjumpai soal yang kelihatannya sangat mudah. Hati-hati! Soal semacam ini biasanya mengandung jebakan. Oleh karena itu, kamu harus mencermati soal tersebut dengan seksama, jangan sampai terjebak.

• Soal Memerlukan Kejelian

Beberapa soal US/M berupa gambar, grafik, bagan, atau tabel. Soal semacam ini harus dikerjakan melalui proses analisis. Nah, untuk menghadapi soal ini kamu harus jeli. Banyaklah berlatih soal-soal tipe seperti ini untuk melatih kejelianmu.

• Soal Berupa Teks Bacaan

Soal seperti ini menuntutmu untuk memahami teks sebelum menjawab. Untuk menghadapi soal ini, kamu harus berlatih memahami suatu bacaan.

• Soal dengan Pilihan Jawaban Lebih dari Satu

Ini soal yang cukup sulit. Untuk menjawab soal semacam ini, kamu harus berhati-hati. Jangan terburu-buru dalam memilih jawaban. Bacalah semua pilihan jawaban sebelum menentukan jawaban yang paling benar.

• Soal dengan Opsi Pilihan yang Sepintas Seperti Benar Semua

Soal-soal US/M bukan sembarang soal. Beberapa soal US/M menyajikan pilihan jawaban yang sepertinya benar semua, padahal tidak. Soal tersebut sengaja dibuat untuk menguji apakah kamu benar-benar menguasai materi atau tidak. Saat menghadapi soal semacam ini, kamu harus berhati-hati. Jika perlu, bacalah soal tersebut berulang-ulang hingga kamu menemukan jawaban terbaik. Itulah beberapa karakter soal-soal US/M.


Kisi-kisi merupakan sebuah format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu alat penilaian. Dalam ujian sekolah, maka kisi-kisi ujian sekolah merupakan suatu pedoman bagi yang menulis naskah ujian sekolah untuk membuat naskah ujian sekolah.


Nah, biasanya kisi-kisi Ujian Sekolah ini ditentukan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BSNP, tapi dikarenakan tahun tahun pelajaran 2020/2021 negara Indonesia masih dalam keadaan pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk diadakan tatap muka, dan diberlakukannya penghapusan Ujian Nasional, maka kemungkinan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) tidak merilis kisi-kisi US 2021 maupun POS US 2021.


Meskipun Ujian Nasional telah dihapuskan, tapi kelulusan siswa nanti tetap menggunakan nilai. Karena itu pelaksanaan ujian diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan.


Untuk mempermudah rekan-rekan menyusun Soal Ujian yang nantinya disusun oleh Satuan Pendidikan, maka pada kesempatan kali ini saya bagikan Kisi - Kisi Soal Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Download: Kisi-Kisi Soal Ujian SMP-MTs Bhs Indonesia 2020-2021.docx 
Download: Kisi-Kisi Soal Ujian SMP-MTs PA Katolik 2020-2021.rtf

Demikian penjelasan singkat tentang materi Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020-2021 semoga bermanfaat, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.

Materi yang tak kalah pentingnya:


Apabila masih mengalami adanya kurangnya materi yang dibutuhkan silahkan berkomentar dikotak yang telah kami sediakan, serta apabila materi ini sudilah untuk membagikan kepada yang membutuhkan, sehingga materi ini akan lebih bermanfaat.

1 comment for "Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020-2021"

wilis January 22, 2022 at 5:59 PM Delete Comment
Terima kasih infonya sangat membantu dan semoga barokah