Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aplikasi Analisis Penilaian K-13 SD

Aplikasi Analisis Penilaian K-13 SD

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik berupa penilaian harian (PH). Sedangkan yang dilakukan oleh satuan pendidikan berupa Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US).

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik berupa penilaian harian (PH). Sedangkan yang dilakukan oleh satuan pendidikan berupa Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US).  Setelah melaksanakan penilaian, tentu perlu menganalisis hasil tes, untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar siswa dan tingkat kesukaran dan kevalidan soal yang diberikan. Hasil analisis ini kemudian digunakan sebagai bahan untuk melakukan remidial atau pengayaan. Remidial diberikan kepada siswa yang mempunyai nilai dibawah KKM sedangkan pengayaan diberikan kepada siswa yang mempunyai nilai di atas KKM.  Untuk mempermudah dalam menganalisis hasil tes siswa, Bapak Alit Sentanu telah membuat aplikasi Analisis Penilaian yang dapat digunakan oleh semua guru secara gratis. Aplikasi ini berbasis Microsoft Excel dan sangat mudah untuk digunakan.  Download Aplikasinya pada tautan berikut:  Aplikasi di atas dapat disesuaikan dengan bentuk tes yang digunakan pada sekolah masing-masing. Misalnya untuk PTS, PAS, dan PAT, bila menggunakan tes tersendiri atau per muatan dapat menggunakan analisis Mata Pelajaran. Bila Menggunakan pertema, maka dapat menggunakan analisis per tema.


Setelah melaksanakan penilaian, tentu perlu menganalisis hasil tes, untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar siswa dan tingkat kesukaran dan kevalidan soal yang diberikan. Hasil analisis ini kemudian digunakan sebagai bahan untuk melakukan remidial atau pengayaan. Remidial diberikan kepada siswa yang mempunyai nilai di bawah KKM sedangkan pengayaan diberikan kepada siswa yang mempunyai nilai di atas KKM.

Download juga: Jurnal mengajar Kurikulum 2013 Kelas 1-6 SD/MI

Untuk mempermudah dalam menganalisis hasil tes siswa, saya berinovasi telah membuat aplikasi Analisis Penilaian yang dapat digunakan oleh semua guru secara gratis. Aplikasi ini berbasis Microsoft Excel dan sangat mudah untuk digunakan.

Download Aplikasinya pada tautan berikut:

Aplikasi Analisis Penilaian K-13 Pertema

Aplikasi Analisis Penilaian K-13 Semester 1

Aplikasi Analisis Penilaian K-13  Semester 2

Aplikasi di atas dapat disesuaikan dengan bentuk tes yang digunakan pada sekolah masing-masing. Misalnya untuk PTS, PAS, dan PAT, bila menggunakan tes tersendiri atau per muatan dapat menggunakan analisis Mata Pelajaran. Bila Menggunakan pertema, maka dapat menggunakan analisis per tema.

Post a Comment for "Aplikasi Analisis Penilaian K-13 SD"