Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X

Unduh File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X

Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran tepat pada tanggal 10 Juli 2020 telah menerbitkan sebuah Modul Asesmen Awal Pembelajaran, yang sangat bermanfaat bagi pendidik, peserta didik, serta orang tua siswa pada saat belajar dari rumah.
Unduh File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X
Unduh File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X

Dalam modul Asesmen Awal Pembelajaran ini dengan sangat santun dalam kata pengantarnya yang dapat kita cermati berikut.

Pandemi Covid-19 pada beberapa bulan terakhir berdampak pada beberapa sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus Covid-19 secara luas di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil kebijakan penyelenggaraan Belajar dari Rumah (BDR). 

Kebijakan serupa juga diterapkan di lebih dari 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan non-kognitif siswa yang selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.

Di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perlu dilakukan. 

Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan non-kognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakukan atau strategi yang tepat kepada masing-masing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Modul ini disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi bapak dan ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap modul ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level”, khususnya pada masa pandemi.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyiapan dan penyusunan modul ini.

Semoga modul ini dapat bermanfaat terutama bagi kelanjutan dunia pendidikan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Daftar Isi Modul Asesmen Awal Pelajaran ini berisikan:
A. Kisi-Kisi Soal
B. Soal Asesmen Awal Pembelajaran
C. Kemungkinan Jawaban Siswa
D. Kunci Jawaban Soal Asesmen Awal
E. Pedoman Pengkodean
F. Interpretasi dan Tindak lanjut

File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X dapat dilihat pada file review sebelum didownload pada akhir deskripsi penjelasan artikel ini.


Unduh File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Download disini

Demikian penjelasan singkat materi Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X semoga membawa manfaat. Dan terima kasih anda telah berbagi waktu, sehingga senantiasa dapat selalu berkunjung pada media sosial yang kami kelola ini.

Kritik, saran serta masukan tetap kami setia menanti, silahkan tinggalkan email anda apabila ingin selalu mendapatkan notivikasi otomatis masuk ke email anda. Terima kasih 

Post a Comment for "Unduh File Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X"