Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013

Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013

Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013 - Buku Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK MAK Kelas XI Kurikulum 2013 file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Download Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013
Download Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013
Buku teks pelajaran diterbitkan bagi guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 yang menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi Belajar (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.

Buku teks pelajaran ini juga disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 yang telah diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran “Teknik Komuter dan Jaringan” ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

Eksperimen berbasis sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus, dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati. Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat memberikan jawaban melalui proses yang logis, seperti yang ditunjukkan gambar dibawah. Proses belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

Peta Kedudukan Buku Teks Pelajaran

Buku Teks Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan berada dalam kelompok kompetensi Kejuruan. Kedudukan buku ini masuk dalam kelompok Kompetensi Kejuruan (KK) jenjang C3. Fokus penekanan penyajian buku ini menggunakan dua aspek pendekatan, yaitu pendekatan analisis matematis dan pendekatan praktis, sehingga buku ini dapat digunakan sebagai salah satu literatur di bidang perekayasaan teknik elektronika. Buku Teknik Komputer dan Jaringan ini pula merupakan buku wajib dan harus dipelajari oleh seluruh siswa pada program studi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas XI Kurikulum 2013.

Deskripsi Materi Pembelajaran Kurikulum 2013

Komunikasi antar sesama manusia khususnya di dunia bisnis merupakan hal vital di era global ini, hampir seluruh pelosok dunia dapat melakukan komunikasi. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pribadi, kebutuhan lembaga, pendidikan sampai sistem mesin-mesin produksi di industri terkoneksi melalui sistem jaringan komputer. Melalui sistem jaringan inilah data bisa saling dipertukarkan, saling dikomunikasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Untuk bisa mengkomunikasikan diperlukan peralatan pendukung berupa komputer sebagai sumber data, kemudian dikirimkan ke komputer lain yang berfungsi sebagai penerima, dan agar sampai pada tujuan dibutuhkan berbagai macam media, sedangkan data merupakan pesan yang harus disampaikan perlu dikonekkan ke dalam sistem kode data. Sedangkan lalu lintas data diatur melalui sistem layer, yang masing-masing layer memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Download juga:


Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Teknik Komputer dan Jaringan SMK MAK Kelas XI Kurikulum 2013 serta buku teks lainnya pada link di bawah ini:
Demikian ulasan singkat materi Download Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013 semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Download Buku SMK Kelas XI Jurusan TKJ K2013"