INOVASI Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal

INOVASI Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerintah, termasuk sektor pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020, seluruh sekolah di Indonesia diatur untuk melaksanakan Belajar dari Rumah. Dengan kondisi ini, guru dihadapkan pada tantangan untuk dapat mengelola pembelajaran yang efektif di rumah.
INOVASI Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal
INOVASI berupaya merespon cepat kondisi pendidikan saat ini dengan berkontribusi memberikan dukungan bagi guru dan orangtua dengan anak-anak di sekolah dasar kelas awal (kelas 1, 2, dan 3). 

Kontribusi tersebut berupa mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, yang dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah, baik oleh orang dewasa yang masih perlu mendampingi anak, maupun bagi anak yang telah dapat menggunakannya secara mandiri. 

Di antara kegiatan pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah Literasi.

Panduan untuk Guru dan Orang Tua / Wali Siswa

1. Membuat Kesepakatan Bersama Anak.

Sebagai pembimbing utama dalam pembelajaran anak, orangtua diharapkan membimbing anak membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan dapat berupa penjadwalan pelaksanaan pembelajaran atau pengerjaan tugas-tugas, kesepakatan mengenai ekspektasi dari pengerjaan tugas-tugas, baik ekspektasi anak terhadap orangtua dan sebaliknya. Orangtua diharapkan pula untuk menyepakati bersama anak durasi setiap pengerjaan, serta durasi penyelesaian keseluruhan LKS. 

Selain itu, orangtua bersama anak diharapkan membuat kesepakatan mengenai pola belajar, misalnya orangtua menjelaskan sebelum anak mengerjakan tugas, anak dapat bertanya selama pengerjaan tugas-tugas, dan lain sebagainya. 

Hal ini melatih anak untuk belajar menerapkan pengaturan waktu, pengorganisasian kegiatan-kegiatan sehari-hari, dan memahami tata tertib atau aturan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

2. Menyusun Jadwal Bersama

Selama masa belajar di rumah dan pengerjaan LKS, orangtua dan anak diharapkan menyusun jadwal bersama anak mengenai hal-hal berikut: 
  • Berapa lama waktu pengerjaan setiap tugas dalam LKS 
  • Kapan belajar di rumah ddan pengerjaan LKS dilakukan, atau pada kegiatan ke berapa dalam keseluruhan kegiatan sehari-hari 

Penyusunan jadwal bersama melatih anak keteraturan.

3. Pendidikan yang Inklusif 

Dalam model pembelajaran yang inklusif, kemampuan dan kebutuhan pembelajaran anak merupakan dasar dari pelaksanaan proses pembelajaran, tmencakup pemilihan topik belajar, bagaimana proses belajar dilakukan, juga pemilihan media pendukung kegiatan belajar. Model pembelajaran inklusif mengharuskan pembimbing memperhatikan keunikan-keunikan anak, termasuk di bawah ini: 
a. Penglihatan 
b. Pendengaran 
c. Perilaku dan emosi 
d. Intelektual 
e. Motorik 
f. Belajar spesifik 

Lembar Kerja Siswa Literasi Kelas Awal untuk kelas 3 SD/MI terdiri dari:

Lembar Kerja 1 Melatih kelancaran membaca

Tujuan LKS 1 ini adalah melatih kelancaran membaca dan memahami kosa kata baru atau kosa kata yang sulit. Terdapat 3 tugas dalam LKS 1 yang berhubungan dengan melatih kelancaran membaca dengan mengenali kosa kata baru dan memahami bacaan. Tema cerita LKS1 ini adalah perkembangan teknologi.

Untuk kegiatan 1 anak membaca dan orang tua menandai kata yang salah dibaca. Orangtua kemudian memasukan catatan berapa kata yang dibaca.

Lembar Kerja 2 Membaca dan memahami bacaan

Tujuan LKS 2 adalah memperkaya kosa kata baru, meningkatkan kelancaran anak dalam membaca, memahami isi cerita dan memahami sifat-sifat baik persahabatan.

Sebagai orangtua pada kegiatan lembar kerja 2 ini yang dapat dipebuat adalah Membantu anak cara bermain ular tangga persahabatan: 
  1. Persiapkan papan permainan ular tangga (bisa menggunakan papan di bawah) beserta dadu yang mempunyai mata enam dan 2 buah pion (bisa menggunakan benda lain yang ada). 
  2. Anak dan orangtua/pendamping bergantian melempar dadu yang mempunyai mata enam (dapat menggunakan benda lain yang serupa) 
  3. Jika dadu yang jatuh menunjukkan mata dadu 3, maka anak/orangtua harus berjalan 3 kotak pada papan permainan ular tangga tersebut. Anak membaca kata yang ada di kotak dimana dia berhenti dan menulis kata tersebut di buku catatan. 
  4. Permainan berlanjut sampai salah satu peserta mencapai kotak terakhir (kotak 21). 

Orangtua diharapkan menjadi teman bermain ular tangga dan dan membimbing siswa selama melaksanakan kegiatan. 

Lembar Kerja 3 Membaca nyaring

Tujuan LKS 3 ini adalah melatih membaca dengan memperhatikan tanda baca dan jeda yang tepat. Disamping itu anak juga dilatih untuk menjawab pertanyaan dengan kalimat lengkap, menemukan bagian cerita yang menarik dan menuliskannya dengan bahasa sendiri.

Peran orang tua pada lembar kerja ke 2 Orangtua diharapkan menyimak ketika anak membaca nyaring, dan memberikan masukan kepada anak apabila ada intonasi atau tanda baca yang tidak tepat. Orang tua memastikan anak-anak menuliskan kembali bacaan dengan kalimat lengkap dengan tanda baca yang tepat. 
  • Orang tua dapat berkomunikasi dengan guru apabila mengalami kesulitan. 
  • Terdapat 3 tugas dalam LKS 3 ini yang dikerjakan secara berurutan. 


Lembar Kerja 4 Mencari dan menuliskan informasi

Tujuan LKS 4 adalah meningkatkan kelancaran dan pemahaman membaca, keterampilan mencari informasi dari berbagai sumber dan menuliskan informasi tersebut dengan kalimat lengkap.

Pada lembar kerja 4 ini peran orang tua membantu menambah berbagai Informasi yang dapat diperoleh antara lain dari Kamus Bahasa Indonesia, majalah dan internet juga bertanya kepada keluarga. 

Lembar Kerja 5 Menemukan pokok cerita

Tujuan kegiatan LKS 5 adalah meningkatkan keterampilan membaca dengan memperhatikan tanda baca dan menemukan pokok cerita .

Peran orang tua pada lembar kerja 5 ini adalah mendampingi dan membimbing ketika anak membaca nyaring dan menemukan pokok cerita. Orang tua juga diharapkan menyimak pada saat anak menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri. 

Lembar Kerja 6 Membaca petunjuk dan memahami

Tujuan LKS 6 ini adalah melatih membaca petunjuk langkah-langkah melakukan kegiatan dengan cermat, memahami dan mempraktikkannya. Disamping itu anak juga dilatih untuk menuliskan kembali petunjuk yang sudah diperoleh dengan kalimat yang lengkap.

Download juga materi penting lainnya:

Dengan adanya lembar kerja ke 6 tersebut Orangtua diharapkan dapat membantu memperkenalkan kepada anak salahsatu permainan tradisional ini. Orangtua juga diharapkan mendampingi ketika anak membaca petunjuk dan mempraktikkannya, juga ketika menuliskan pengalaman. 

INOVASI Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal


Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal Unduh Disini

Demikian ulasan singkat materi INOVASI Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal yang kami bagikan saat ini, semoga bermanfaat.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INOVASI Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI Literasi Kelas Awal"

Post a Comment

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan