Download Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan SD/MI Tahun Ini

Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan Tahun Ini

Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan Tahun Ini - Bapak/Ibu guru atau kepala sekolah yang berbahagia, dan semoga tetap masih dalam keadaan berbahagia meskipun situasi saat ini negeri kita kena musibah adanya wabah COVID-19 ini dan semoga wabah ini dapat segera berlalu, sehingga kita semua dapat melaksanakan aktivitas belajar mengajar seperti dahulu kala.
Download Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan SD/MI Tahun Ini
Download Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan SD/MI Tahun Ini
Dan tidak mengurangi rasa percaya diri pelaksanaan pembelajaran masih dapat kita laksanakan meskipun tidak melalui tatap muka langsung berhadapan dengan peserta didik kita. Hal itu janganlah menjadi alasan bahwa kita tidak akan meraih prestasi anak didik kita.

Dan malah dengan adanya pembelajaran daring kita dapat meningkatkan betapa teknologi tidak akan dapat memisahkan kita dengan apa yang menjadi tanggungjawab sebagai pencerdas anak bangsa ini.

Selain itu dengan kita melaksanakan pembelajaran secara online (Daring), maka senantiasa kita dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih. Dengan istilah lain kita selalu uptodate (mengikuti perkembangan zaman).

Betapa tidak, dengan keterbatasan waktu, jarak dan sarana kita tetap mencari celah bagaimana tanggungjawab kita tak akan terlupakan.

Dan ternyata di sisi lain pemerintah melalui dinas pendidikan telah banyak berpikir dan bagaimana kita sebagai pendidik tidak kehilangan akal, dan akhirnya diterbitkannya beberapa Permendikbud untuk mengantisipasi situasi yang ada sekarang ini.
Di sisi lain pada akhir tahun pelajaran bahwa kelas akhir pada satuan pendidikan akan menerima pengumuman kelulusan, dan kenaikan kelas, namun meskipun masih masa liburan dengan adanya COVID-19 tersebut pelaksanaan kegiatan akhir tahun pelajaran tetap berjalan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Kelulusan dan kenaikan kelas peserta didik di satuan pendidikan berpedoman pada Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019, dan Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19.

2. Berpedoman Peraturan Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 5 Tahun 2020 sebagaimana tersebut dalam pedoman adalah sebagai berikut:

a. Ketentuan Kelulusan

1) Pengumuman Kelulusan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020
2) Di saat penyampaian kelulusan, peserta didik memperoleh Surat Keterangan Lulus yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang.
3) Tanggal kelulusan tertanggal 15 juni 2020, dan tanggal penerimaan raport 12 juni 2020, serta mutasi siswa pada tanggal 16 Juni 2020.

b. Surat Keterangan Lulus dengan mencantumkan rata-rata nilai 5 (lima) semester terakhir (Kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal). atau sebagai tambahan nilai kelulusan dapat ditambah nilai semester genap kelas 6 (enam).

c. Nilai Surat Keterangan Lulus ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang nilai 0 - 100 (tanpa desimal), dan nilai rata-rata ditulis dengan bilangan desimal (dua angka setelah koma).

d. Nilai Raport Kelas 6 semester genap ditentukan dengan perhitungan nilai rata-rata dua kali ulangan harian ditambah nilai UTS dibagi tiga, Bagi satuan pendidikan penyelenggara Kurikulum 2013 jika terdapat Kompetensi Dasar (KD) yang belum sempat diajarkan secara tatap muka, maka dapat mengambil nilai dari tugas mandiri yang dilaksanakan dalam bentuk portofolio nilai raport serta yang diperoleh sebelumnya, penugasan, test daring, atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

3. Pemberitahuan Kelulusan
  • Pelaksanaan pengumuman kelulusan dilaksanakan secara daring atau dalam bentuk lain, untuk disampaikan kepada orang tua/wali peserta didik setelah pukul 09.30 WIB, pada hari Senin 15 Juni 2020.
  • Satuan pendidikan tidak diperkenankan menyampaikan pemberitahuan kelulusan dengan menghadirkan atau mengumpulkan peserta didik.
  • Mempertimbangkan belum berakhirnya status tanggap darurat bencana covid-19, maka setiap satuan pendidikan dilarang menyelenggarakan acara pelepasan bagi peserta didik yang telah menamatkan pendidikannya.
Dari sekian penjelasan di atas tersebut bukan berarti harus dilaksanakan sepenuhnya, mengingat masing-masing daerah mempunyai kebijakan tersendiri, dan untuk mempermudah mencetak hasil pengumuman kelulusan peserta didik khususnya di jenjang SD/MI, berikut telah kami persiapkan sebuah aplikasi yang sangat mudah, sangat praktis dipergunakan pada tautan berikut ini:


1. Aplikasi Cetak Surat Keterangan Kelulusan SD/MI tahun Pelajaran 2019/2020 dengan kriteria penggunaan Kurikulum 2006 [ Download Versi 1 ]

2. Aplikasi Cetak Surat Keterangan Kelulusan SD/MI tahun Pelajaran 2019/2020 dengan kriteria penggunaan Kurikulum 2006 [ Download Versi 2 ]

3. Aplikasi Cetak Surat Keterangan Kelulusan SD/MI tahun Pelajaran 2019/2020 dengan kriteria penggunaan Kurikulum 2013 [ Download Full Versi ]

Sekiranya materi Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan SD/MI ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan, atau langsung pilih menu bagikan/share pada menu di bawah ini.

Mohon maaf atas segala kekurangan, serta kritik, saran, serta masukan senantiasa kami tunggu pada kolom komentar yang telah kami sediakan.

1 comment for "Download Aplikasi Surat Keterangan Kelulusan SD/MI Tahun Ini"

MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI DIRI KAMI , apabila anda berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel langsung di bawah ini atau untuk berlangganan artikel silahkan tulis email anda !
Kritik, saran, serta masukan senantiasa kami nantikan